Penderita diabetes perlu menghindari sejumlah buah yang memiliki kandungan gula tinggi. Seperti semangka, nanas, dan pisang yang terlalu matang. 

Foto ilustrasi

Buah-buahan ini harus dihindari atau tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Sehingga dikhawatirkan akan meningkatkan risiko komplikasi diabetes. Selain itu, penderita diabetes juga tidak boleh mengonsumsi beberapa jenis buah olahan. 

Mulai dari buah-buahan kering yang dilapisi gula, buah kalengan yang mengandung sirup. Serta jus buah yang ditambahkan pemanis.

Meski demikian, konsumsi buah juga diperlukan untuk membantu penderita diabetes mendapat tambahan. Dilansir dari Medical News Today, buah memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun macam-macam buah yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah. Di antaranya adalah apel, jeruk, kiwi dan alpukat. 

Selain berperan untuk menurunkan kadar gula darah. Buah-buahan itu mampu memperlambat laju penyerapan glukosa yang berasal dari makanan lain.(*)