Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bibit Badai Siklon Tropis Ex-TC Lincoln terpantau di Pesisir Barat Australia. Siklon ini berdampak pada hujan deras di sebagian wilayah Indonesia hingga 23 Februari 2024.

BMKG Sebut Siklon Ex-TC Lincoln Berdampak Hujan Deras

"Potensi Ex-TC Lincoln kembali menjadi siklon tropis berada pada kategori sedang," kata Prakirawan BMKG Nurul Izzah Fitria.

Ia menekankan perlunya mewaspadai potensi hujan lebat hingga 23 Februari 2024. Antara lain berpotensi di wilayah Sumatra bagian tengah hingga selatan.

Kemudian, wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Lalu, di pesisir Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara.

Sedangkan di wilayah Sulawesi, hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawsi Tenggara. Selain itu, kondisi ini juga terjadi di wilayah Papua Barat dan Papua.

Nurul mengingatkan perlunya mewaspadai potensi banjir rob di sejumlah wilayah. Seperti, pesisir Kepulauan Riau, pesisir DKI Jakarta, pesisir Jawa Tengah dan pesisir Kalimantan Barat.

Lebih lanjut, ia menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia. Menurutnya, di pulau Sumatra, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh dan Tanjung Pinang.

Selain itu, diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di kota Medan, Pekanbaru, Bandar Lampung, dan Padang. "Waspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Jambi, Bengkulu, Palembang dan Pangkal Pinang," ujarnya.

Beralih ke pulau Jawa, secara umum cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. "Potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Serang dan Bandung," ucapnya.

Sedangkan di pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Kupang. Selain itu, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Denpasar dan Mataram.

Beralih ke pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Palangkaraya, Samarinda, dan Tanjung Selor. "Waspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Pontianak dan Banjarmasin," katanya.

Sedangkan di pulau Sulawesi, patut diwaspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Gorontalo. Selain itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Palu dan Makassar. "Potensi cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Mamuju dan Kendari," Ujarnya.

Di Indonesia Timur, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di kota Ambon. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di ota Ternate, Manokwari, dan Jayapura. (*)