Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia. Prakiraan dilakukan untuk hari Sabtu (24/2/2024).

Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 24 Februari

Prakirawan BMKG Maria Klaudiana mengatakan, dari Sumatra, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh dan Tanjung Pinang. BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di Kota Medan, Pekanbaru, Padang, dan Pangkal Pinang.

Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Palembang. Selanjutnya, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di Kota Bengkulu. 

"Waspadai hujan disertai petir. Ini diprakirakan terjadi di kota Jambi dan Bandar Lampung," kata Maria kepada Pro3 RRI. 

Di Pulau Jawa, lanjutnya, patut diwaspadai pula hujan disertai petir, yang diprakirakan terjadi di Yogyakarta dan Surabaya. Selanjutnya, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Bandung. 

"Potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Serang, Jakarta, dan Semarang," ujarnya.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan dengan intensitas ringan juga diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Kota Denpasar, Mataram, dan Kupang di antaranya.

Beralih ke Pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Palangkaraya, Samarinda, dan Tanjung Selor. Selain itu, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Kota Pontianak.

"Waspadai hujan disertai petir. Ini diprakirakan terjadi di kota Banjarmasin," ucapnya.

Adapun di Pulau Sulawesi, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Kota Gorontalo, dan cuaca  berawan di Manado. Selain itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Makassar dan Palu.

Kemudian, tambahnya, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Kendari. "Potensi hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di Kota Mamuju," katanya.

Di Indonesia timur, hujan dengan intensitas ringan pun diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Kota Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura di antaranya. (*)