Presiden Joko Widodo meletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Gedung Kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Gedung Bank Mandiri tersebut dibangun di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). 

Presiden Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Bank Mandiri

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu berbicara mengenai masa depan Indonesia dan perubahan yang akan terjadi. Khususnya setelah pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan bandara selesai. 

Kepala Negara menekankan, perjalanan dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara lebih cepat. Tentunya karena keberadaan dari dua infrastruktur pendukung konektivitas tersebut.

"Tolong nanti dilihat setelah bulan Juni, begitu tolnya selesai, begitu nanti airport-nya selesai. Dari airport ke sini hanya 15 menit, begitu tol selesai, dari Balikpapan ke sini 45 menit," ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga mengingatkan pentingnya pengelolaan IKN Nusantara agar tidak kehilangan kendali. Seperti yang terjadi pada beberapa ibu kota baru di negara lain. 

Kepala Negara menekankan konsep "forest city" dan "smart city" sebagai fondasi utama pengembangan IKN. Sebagai kota yang berkelanjutan, bebas polusi, dan didukung oleh transportasi umum berbasis listrik.

Presiden mengapresiasi pula langkah Bank Mandiri yang akan memulai pembangunan gedung untuk layanan digital. Hal itu dikarenakan potensi besar ekosistem digital di Indonesia, dimana pengguna platform Livin' Bank Mandiri sudah 23 juta. 

Presiden berharap pembangunan ini akan mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan menarik "digital nomad". Khususnya dari berbagai belahan dunia untuk hidup di Ibu Kota Nusantara.

"Kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun, itu akan mendatangkan digital nomad untuk hidup di Nusantara. Karena kota ini akan berbeda dengan kota-kota lain di dunia, tidak ramai tetapi hidup, tidak ada polusi," kata Presiden. 

Perbedaan antara IKN dengan kota-kota lainnya menurut Presiden karena semuanya menggunakan kendaraan listrik. Begitu pula dengan transportasi umumnya yang juga merupakan kendaraan listrik.(*)