Pasca kejadian angin puting beliung yang menerjang Kawasan Rancaekek-Jatinangor, Rabu (21/2/2024), ratusan bangunan terkena dampaknya, salah satu yang terparah berada di wilayah Desa Cinta Mulya, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Puting Beliung, 297 Rumah Desa Cinta Mulya Rusak

Kasi Kesejahteraan Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor, Adam Ahmad Maheza, menjelaskan,  puluhan rumah di wilayahnya hancur diterpa angin puting beliung.

"Untuk yang terdampak, sampai saat ini terdata 297 rumah dari empat RW, itu rata-rata yang kerusak di atapnya, terus ada dua masjid dan satu sekolahan," jelas Adam, Kamis (22/2/2024).

Menurut Adam, daerah yang terkena dampak paling parah berada tepat di belakang PT Kahatex. Ada 111 rumah yang rusak di RW 04 tersebut karena diterjang angin puting beliung cukup lama.

"Paling parah itu di area RW 04 itu percis dibelakang PT Kahatex, itu disitu yang puting beliungnya paling lama," tambahnya.

Untuk saat ini, para warga di desa Cinta Mulya mulai membersihkan puing-puing reruntuhan rumah. Untuk bantuan, Adam mengatakan, unsur-unsur terkait sudah mulai menyalurkannya seperti tenda darurat, logistik, dan makanan.

"Beberapa sih masih menunggu (logistik),  baru sebagian yang datang buat dapur umum," katanya.(*)