Breaking News
---

Sebanyak 4 Orang Timses Caleg Dirujuk ke Ahli Usai Pemeriksaan Kejiwaan

Sebanyak 12 orang tim sukses (timses) calon legislatif (caleg) mengikuti pemeriksaan kejiwaan dan penilaian tingkat stres massal secara gratis di RSUD Tamansari pada Selasa, 20 Februari 2024. Hasilnya, empat orang timses caleg tersebut dirujuk untuk melanjutkan konsultasi dengan ahli secara lebih intensif, baik secara gratis maupun berbayar.(29/2/24),

Sebanyak 4 Orang Timses Caleg Dirujuk ke Ahli Usai Pemeriksaan Kejiwaan

Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Tamansari, Ngabila Salama, menyatakan bahwa keempat timses caleg tersebut telah menjalani konsultasi langsung dengan psikiater RSUD Tamansari. Mereka diberikan psikoterapi supportif atau konseling sesuai kebutuhan, dan jika diperlukan, akan diberikan obat sesuai indikasi. "Mayoritas kasus yang dihadapi adalah gangguan kejiwaan ringan, yang dapat sembuh dengan pengobatan yang tepat dalam jangka waktu singkat," ujar Ngabila dalam keterangannya.

Untuk memfasilitasi konsultasi secara online, RSUD Tamansari kata Ngabiola menyediakan layanan melalui aplikasi JAKI atau Jaksehat. Pasien dapat mengisi formulir skrining e-jiwa secara daring dan melanjutkan konsultasi chat online gratis dengan psikolog klinis yang disediakan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melalui menu SAHABAT JIWA.

Sementara itu, bagi yang ingin konsultasi berbayar secara online, dapat dilakukan melalui Zoom dengan psikiater RSUD Tamansari. Biaya konsultasi hanya sebesar Rp. 60.000 per sesi, dan layanan ini tidak termasuk pemberian obat-obatan, hanya konseling. Untuk layanan konsultasi offline gratis, pasien diarahkan untuk datang ke 25 puskesmas kecamatan di DKI Jakarta yang telah memiliki psikolog klinis, atau mendapatkan rujukan BPJS untuk berobat ke rumah sakit yang memiliki psikiater.

Jadwal praktek psikiater RSUD Tamansari adalah sebagai berikut:

Senin: 13.00 - 16.00

Selasa: 12.00 - 21.00

Rabu: 17.00 - 21.00

Kamis: 17.00 - 21.00

Jumat: 12.00 - 21.00

Sabtu: 12.00 - 13.00

RSUD Tamansari juga menyediakan layanan tes kesehatan rohani secara online dengan pengerjaan soal MMPI, dilanjutkan dengan refleksi diri dan wawancara dengan psikiater melalui Zoom untuk kebutuhan Medical Check-Up (MCU) atau deteksi dini gangguan jiwa. "Harga tes berkisar antara Rp. 210.000 hingga Rp. 300.000 per orang, termasuk biaya konsultasi dengan psikiater pada hari Senin hingga Sabtu," ucap Ngabila. 

Untuk akses layanan konsultasi online dengan psikiater RSUD Tamansari, dapat mengunjungi link berikut: bit.ly/konsuljiwarsudtamansari dan bit.ly/mmpitamansari. (*).

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan