Seorang pilot Australia diculik oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua Nugini, Senin (26/2/2024). Sang pilot helikopter itu dibawa bersama dua pekerja lokal di daerah terpencil Papua Nugini. 

Foto ilustrasi : Helikopter

Kepala kepolisian nasional Papua Nugini David Manning mengatakan helikopter baru saja mendarat di sebuah lokasi telekomunikasi terpencil negara Pasifik itu. Yakni di dekat Gunung Sisa, Provinsi Hela. 

"Di saat bersamaan, helikopter didatangi KKB. Ini yang kemudian membawa sang pilot bersama dua penumpang ke lokasi yang tak diketahui," kata Manning seperti dilansir Reuters.

"Semua indikasi menunjukkan, ketiga tawanan tersebut tidak terluka meskipun disandera. Negosiasi dengan pelaku penyanderaan sedang berlangsung dan polisi mendekati daerah tersebut," ujarnya menambahkan. 

Lebih jauh dia menambahkan semua opsi bisa dilakukan untuk membebaskan sandera. Termasuk menggunakan kekerasan terhadap para pelaku.

Seorang arkeolog Australia dan dua peneliti Papua Nugini juga diculik di lokasi yang sama tahun lalu. Mereka disandera selama sepekan sebelum dibebaskan dengan uang tebusan.(*)