Seorang tentara Amerika Serikat membakar dirinya sendiri di luar Kedutaan Besar Israel di Washington DC pada Minggu (25/2/2024) waktu setempat. Perbuatan itu dia lakukan sebagai bentuk protes terhadap perang di Gaza.

Protes Terhadap Israel, Seorang Tentara Amerika Bakar Diri

Juru bicara Departemen Kepolisian Metropolitan Washington DC mengatakan tentara itu masih dalam kondisi kritis. Sementara seorang juru bicara Angkatan Udara AS membenarkan bahwa insiden itu melibatkan seorang anggota mereka. (27/2/24).

"Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida. Bebaskan Palestina," kata pria yang mengenakan seragam militer itu dalam sebuah video yang disiarkan langsung melalui internet, menurut New York Times (NYT) seperti dilansir Reuters, Senin (26/2/2024).

Kedutaan Besar Israel terus menjadi sasaran protes terhadap perang di Gaza. Konflik tersebut telah memicu aksi protes pro-Palestina dan pro-Israel di Amerika Serikat.

Protes dimulai setelah 7 Oktober 2023 lalu ketika Hamas, kelompok pejuang Palestina yang menguasai Gaza. Serta menewaakan 1.200 warga Israel dan menyandera 253 orang dalam serangan lintas batas.

Sejak itu pasukan Israel telah melancarkan operasi militer terhadap daerah kantong pesisir tersebut. Akibatnya sebagian besar wilayah tersebut kini luluh lantak dan hampir 30.000 warga Gaza berguguran, menurut pejabat kesehatan Palestina.

Pada Desember 2023 lalu, seorang pengunjuk rasa juga membakar dirinya sendiri. Ini di luar Konsulat Israel di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.(*)