*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Warga Desa Gamel Plered Kabupaten Cirebon Dikepung Banjir

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Cirebon dan sekitarnya sejak pukul 15.00 WIB, Kamis (1/2/2024) telah menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Foto ilustrasi

“Banjir terpantau di Blok Kauman RT/RW 03/01 dan Blok Karangrame RT/RW 01/02 Desa Gamel Kecamatan Plered dan Perumahan Puri Indah Residence RT.07, RW.08, Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon,” kata Koordinator Lapangan (Korlap) Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Pusdalop PB BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan, Kamis (1/2/2024).

Menurutnya penyebab bencana banjir yakni hujan deras, luapan sungai, adanya tanggul sungai yang rusak. Kronologis bencana hujan dengan intensitas tinggi yang bersangsur lama mengakibatkan meluapnya sungai Sikenanga, air masuk ke wilayah pemukiman akibat adanya salah satu tanggul sungai yang rusak.

“Kondisi mutakhir TMA banjir 50 cm, cuaca hujan ringan, dan terlapor  untuk banjir di Perumahan Puri Indah Residence sudah berangsur surut,” ujarnya.

Upaya penanganan yang dilakukan tutur Faozan, Tim Pusdalops melakukan assessment kaji cepat dampak bencana dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. Kemudian melakukan penyisiran lokasi terdampak untuk kedaruratan serta mengevakuasi warga terdampak.

Dikatakannya, untuk korban terdampak banjir sebanyak 54 KK, 183 jiwa. Sedangkan data kerusakan rumah/pemukiman mencapai 45 rumah di blok Kauman dan Blok Karangrame Desa Gamel. Dalam penanganan banjir beberapa unsur yang terlibat antara lain BPBD, Bhabinsa, Babinkamtibmas serta masyarakat.

“Untuk data kebutuahan kedaruratan bagi korban bencana banjir tersebut yaitu 10 selimut yang telah didistribusikan,” kata Faozan.(*)

Komentar0