Sebanyak 67 siswa sabuk hijau Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Karawang mengikuti uji kenaikan tingkat (UKT) ke sabuk putih.
Uji Kenaikan Tingkat PSHT Cabang Kabupaten Karawang


Uji tes kenaikan tingkat tersebut dilangsungkan pada Sabtu, 2 Maret 2024 di Halaman SMAN 1 Majalaya, Citra Kebun Mas, Desa Bengle Kecamatan Majalaya pukul 20.00 WIB.

Diawali apel pembukaan, dilanjutkan pengarahan pada siswa serta pembagian pos materi uji kenaikan tingkat.

Ketua PSHT Cabang Kabupaten Karawang, Kang Mas Suherman mengatakan, UKT dimulai dari ujian tertulis, gerakan pencak silat internal perguruan, toya, belati hingga kerohanian.

"Tujuannya tes ini untuk menguji siswa sejauhmana menguasai materi yang diberikan mas pelatih di masing-masing Rayon atau Ranting," katanya.

Selain gerakan fisik, ia menambahkan, paling penting adalah mendidik budi pekerti luhur tahu benar dan salah. Attitude atau etika harus dikedepankan, karena siswa setelah menjadi warga PSHT akan meneruskan ajaran-ajaran ke siswa lainnya.

Foto : peserta Uji Kenaikan Tingkat PSHT Cabang Kabupaten Karawang

"Maka itu, kami gembleng betul siswa ini. Tahapan dari sabuk polos, naik tingkat lagi hijau, naik tingkat putih dan terakhir sabuk mori dinyatakan sah menjadi warga PSHT. Tahapan demi tahapan itu, cara kami mendidik ke-ilmuan siswa sampai ilmunya bermanfaat untuk dirinya, keluarga, organisasi, masyarakat dan negara," pungkasnya.(*)