Dampak dari gempa bumi dengan magnitudo 2.9 SR, yang terjadi pada hari Rabu (28/3/2024) pekan lalu, mengakibatkan kerusakan 14 rumah warga, dan satu masjid rusak ringan. 

Akibat Gempa Bumi, 14 Rumah dan Mesjid Terdampak

Selain itu terjadi retakan tanah di lahan seluas 14 hektare, dan di ruas jalan Desa Sukamelang Kecamatan Kasomalang,Subang. 

Terkait retakan tanah tersebut, Pj. Bupati Subang Imran meminta dikeluarkannya peringatan dini bagi masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan, terkait dengan kondisi lingkungan yang terjadi saat ini.

"Dengan kondisi seperti ini, kita perlu memasang alat pemdeteksi dini, agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan," ujar Imran di sela-sela peninjauan ke lokas retakan tanah di Subang, Selasa (5/3/2024).

Imran juga menyarankan, agar lahan-lahan yang tidak produktif, untuk ditanami dengan pohon-pohon keras, yang memang sesuai dengan peruntukannya.

"Saya minta lahan-lahan yang tidak produktif untuk ditanami pohon keras, agar dapat mengikat tanah dan air, sehingga dapat meminimalisir retakan tanah, akibat gempa," ujarnya.(*)