Breaking News
---

Apa Kabar ADD, Kades dan Aparat Desa Tagih Siltap Jelang Munggahan !


Selain sudah memberlakukan sistem non tunai, Penghasilan Tetap (Siltap) ADD APBD Karawang masih belum nongol kapan parkir di rekening para kepala desa dan perangkatnya jelang pertengahan Maret 2024 ini. Entah karena alasan Pemilu atau Peraturan Bupati (Perbup) yang baru turun, siltap ADD triwulan pertama itu, mulai banyak di suarakan aparat desa jelang Maremah Munggahan pekan ini.
Foto : Kades Juhari dan Ketua IKD Lemahabang Solehudin Usai Minggon Kecamatan


"Duh paceklik lama ini, kegiatan banyak dana transfer belum ada yang turun ini teh. Mungkin karena pemilu, atau sedang perbaikan Perbup baru juga, karena konon ada kenaikan. Yang jelas kita mah harap sebelum Munggahan, para kades dan aparat sudah bisa menerima Siltap, " Kata Ketua Ikatan Kepala Desa Lemahabang, Solehudin, Selasa (5/3/2024). 

Kades Karangtanjung Juhari SH mengatakan, sangat wajar ketika aparat desa hingga RT dan BPD terus menanyakan siltap triwulan 1 tahun ini yang belum juga turun. Namun, pihaknya terus menjelaskan bahwa memang pengajuan sudah di lakukan, sayangnya memang belum ada tanda-tanda ADD turun. Ia berharap, pencairan siltap bisa segera dilakukan, tanpa harus menunggu pertengahan Puasa bahkan lebaran, justru saat paceklik saat ini dan jelang awal puasa, aparat desa sangat membutuhkan bekal untuk menyambut maremah. 

"Ya sering ditanyain aparat hingga BPD, mau bagaimana. Kan memang belum turun juga, makannya kita berharap bisa segera di proses dan turun sebelum Munggahan, " Ungkapnya.

Kabid Administrasi Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan mengatakan, saat ini (Pekan ini_red) ADD siltap sudah mulai bisa mengajukan dan Kepala DPMD sudah menandatangani edaran terkait ADD, sehingga perangkat dan berkas agar kiranya bisa di lengkapi pemerintahan desa di pekan ini. Jika sudah, sesegera mungkin pencairan siltap bisa di luncurkan. 

Kemudian, sebut Andry tahun ini ada kenaikan besaran ADD Tahun ini jika dibanding tahun yang lalu. Mudah-mudahan sebut Andry, kenaikan siltap ini dapat mengakselerasi tugas-tugas pemerintahan desa dilapangan. 

"Sudah bisa di proses pekan ini, yang selesai sesegera mungkin siltap akan di luncurkan, " Ujarnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan