Arsenal tampil ganas dan sukses melumat Sheffield United 6-0 pada pekan ke-27 Liga Inggris. Laga tersebut digelar di kandang Sheffield, Stadion Bramall Lane, Selasa (5/3/2024) dini hari WIB.

The Gunners benar-benar menguasai permainan. Sebanyak enam gol berhasil digelontorkan skuad arahan Mikel Arteta di sepanjang laga.

Keran gol Arsenal dibuka Martin Odegaard saat laga baru berusia lima menit. Kapten Arsenal itu dengan mudah meneruskan umpan Declan Rice di kotak penalti.

Tujuh menit berselang, Arsenal unggul 2-0 berkat gol bunuh diri Jayden Bogle. Bek kanan Sheffield ini salah mengantisipasi bola silang mendatar Bukayo Saka dari sisi kanan.

Arsenal kemudian memperlebar keunggulan menjadi 3-0 pada menit kesembilan. Kali ini, giliran Gabriel Martinelli yang mencetak namanya di papan skor berkat kerja sama apik dengan Jakub Kiwior.

Kai Havertz lalu membawa Arsenal unggul 4-0 di menit ke-25. Pemain asal Jerman itu sukses menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Sheffield.

Belum puas sampai di situ, Arsenal kembali cetak gol di menit ke-38 berkat aksi Declan Rice. Dia sukses menuntaskan umpan tarik Bukayo Saka. Arsenal unggul 5-0 hingga jeda pertandingan.

Arsenal mulai mengendurkan tempo permainan di babak kedua, sederet pemain pilar seperti Saka dan Martinelli pun ditarik keluar. Pada menit ke-58, Meriam London lagi-lagi cetak gol, kali ini giliran Ben White yang ikut menjebol gawang Sheffield.

Kemenangan telak Arsenal membuat persaingan papan atas makin panas. Tim London Utara kini mengemas 61 poin, atau berjarak satu angka dengan Manchester City yang berada di posisi kedua.

Arsenal juga hanya berjarak dua angka dengan pemuncak klasemen Liverpool. Persaingan gelar juara Premier League pun makin ketat.

Susunan Pemain:

Sheffield United XI: Ivo Grbic; Jayden Bogle, Anel Ahmedhodzic, Auston Trusty, Jack Robinson; Oliver Norwood, Vinicius Souza, Tom Davies; James McAtee, Gustavo Hamer; Oliver McBurnie.

Arsenal XI: David Raya; Jakub Kiwior, Gabriel, William Saliba, Ben White; Declan Rice, Jorginho, Martin Odegaard; Gabriel Martinelli, Kai Havertz, Bukayo Saka.

Arsenal diketahui melanjutkan perburuan gelar juara Liga Inggris (PL) dengan membantai Sheffield United 6-0, Selasa (5/3/2024).

Gunners menjadi tim pertama di kasta tertinggi yang memenangkan tiga pertandingan tandang berturut-turut dengan selisih lima gol atau lebih.

Raihan tiga poin tak mengubah posisi Arsenal di peringkat tiga besar klasemen Liga Inggris. Namun selisihnya hanya satu poin dari Man City dan dua poin dari Liverpool sebagai pimpinan klasemen.

Persisnya Liverpool 63, Man City 62 dan Arsenal 61. Artinya pada laga minggu depan, ketiganya tak boleh terpeleset karena akan mengubah peringkat klasemen.

Hanya dalam lima menit pertandingan, pemain Arsenal Martin Odegaard sudah mencetak gol dari jarak dekat. Gol bunuh diri Jayden Bogle menit 13 menambah kenggulan Arsenal.

Gabriel Martinelli mengambil peran dengan cerdik membuka ruang di kotak penalti sebelum melepaskan tembakan keras yang tak terhalang. Gol Martinelli menambah nestapa Sheffield United dalam waktu 15 menit.

Penderitaan tim tuan rumah di babak pertama belum berakhir. Pasukan Arteta mencetak dua gol lagi dengan gol Kai Havertz dan Rice.

Tragedi ini membuat banyak pendukung Sheffield United menuju pintu keluar sebelum turun minum. Di babak kedua, Arsenal terus menekan lini belakang Sheffield United, memaksa pertahanan yang rapuh kebobolan lagi sebelum memasuki menit ke-60 melalui gol Ben White yang menakjubkan.

Bagi Sheffield United, ini adalah malam yang menyedihkan, menunjukkan betapa sulitnya mereka bertahan di kasta tertinggi untuk musim depan. Sheffield United bertahan di posisi juru kunci klasemen liga Inggris.(*)