Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana harus puas jadi runner-up Swiss Open 2024. Ganda putra Indonesia itu kalah dramatis dari pasangan Inggris Ben Lane/Sean Vendy di final, Minggu (24/3/2023) sore WIB.

Dramatis, Bagas/Fikri Kalah di Final Swiss Open 2024.

Bertanding di St Jakobshalle, Basel, Bagas/Fikri menyerah dua gim langsung 22-24, 26-28. Mereka melakoni duel dramatis berdurasi 63 menit.

Gim pertama berlangsung ketat, di mana kekuatan kedua pasangan imbang. Bagas/Fikri akhirnya tertinggal pada jeda interval gim pertama dengan skor 7-11. 

Setelah jeda, Lane/Vendy terus mengendalikan pertandingan di gim pertama. Mereka tidak ragu untuk tampil ofensif.

Namun, Bagas/Fikri sempat mengejar ketertinggalan dengan permainan cepat dan agresif. Bahkan, mereka sempat berbalik unggul beberapa kali. 

Empat poin beruntun diperoleh Bagas/Fikri untuk memaksakan deuce 20-20. Namun sayang, Lane/Vendy akhirnya berhasil mengunci kemenangan dengan skor 24-22.

Di gim kedua, Bagas Fikri berhasil menciptakan keunggulan dengan skor 11-10 setelah interval. Namun, pasca interval kedua, kedua pasangan kembali saling mengadu strategi dengan skor imbang 14-14. 

Pertandingan semakin seru saat kedua pasangan berusaha untuk mencari poin tambahan. Pada skor 20-20, pertarungan semakin ketat.

Namun, momen dramatis terjadi ketika Vendy mengalami cedera saat melakukan pengembalian shuttlecock dari Bagas. Momen ini membuat skor menjadi imbang 21-21. 

Meskipun pertandingan berlanjut dengan tensi tinggi hingga skor mencapai 25-25. Serangan bertubi-tubi dari Ben membuat Bagas/Fikri akhirnya harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 26-28.(*)