Breaking News
---

Banjir Demak, Ribuan Rumah Terdampak, Ratusan Jiwa Mengungsi

Ribuan rumah terdampak banjir di Kecamatan Demak Kota, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Total 3.000 rumah di 13 desa dan 6 kelurahan, dengan jumlah warga 8.786 jiwa terdampak banjir akibat luapan Sungai Kalijajar ini. 

Banjir Demak, Ribuan Rumah Terdampak, Ratusan Jiwa Mengungsi

"Dapur umum telah disiapkan di Wisma Halim dengan dukungan dari Dinas Sosial Kabupaten Demak, BPBD, PMI, dan relawan. Selain itu, evakuasi penduduk juga telah dilakukan dengan menyiapkan tempat pengungsian di Sanggar Pramuka Cabang Demak dan Wisma Halim," kata Camat Demak Kota, Sahri, Selasa (19/3/2024).

Menurutnya, meski cuaca tidak hujan, namun sungai Kalijajar tetap mengalir deras. Sehingga terdapat genangan air di beberapa lokasi. 

Pemerintah Kabupaten Demak bersama-sama dengan instansi terkait melakukan upaya penanganan. Termasuk pemantauan kesehatan masyarakat di tempat-tempat pengungsian.

"Tadi sekitar 470 (pengungsi, red) mungkin masih bertambah karena masih tergenang. Uuntuk pengungsian sudah kami antisipasi ada dua kebetulan di sanggar Pramuka cabang Demak, juga di Wisma Halim," ujar Sahri

"Pengungsi telah dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Semua upaya telah dilakukan untuk memastikan kebutuhan dasar mereka terpenuhi."

Ia berterima kasih kepada pihak yang memberikan bantuan dan dukungan, dari relawan, donatur, dan pengusaha setempat. Semua bantuan dan doa sangat diapresiasi dalam upaya penanganan bencana.

"Dengan berakhirnya masa panen musim tanam satu, diharapkan situasi banjir akan segera mereda. Pemerintah Kecamatan Demak Kota dan Kabupaten berharap masyarakat bersabar, bersatu menghadapi cobaan ini, memperkuat ketakwaan kepada Allah SWT," kata Sahri.

Diketahui, banjir karena curah hujan tinggi beberapa hari sejak Rabu (13/3/2024) dari hulu ke hilir. Mengakibatkan sejumlah tanggul sungai jebol dan melimpas sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan protokol di pusat kota terendam banjir dengan ketinggian sekitar 30-60 cm. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan