Pemerintah di tahun 2024 kembali menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan ini ditargetkan kepada 10 juta Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang merupakan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan dari pemerintah sejak tahun 2007.

Foto ilustrasi

"ini kan program rutin, jumlahnya masih sama yakni 10 juta KPM, dan penyalurannya juga sama secara bertahap setiap tiga bulan sekali. Yang membedakan, dulu menggunakan Bank Himbara, sekarang bisa menggunakan PT Pos" kata Stafsus Menteri Sosial, Fauzan Amar.

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sejak tahun 2007, Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Untuk data KPM, Fauzan menjelaskan bahwa ada graduasi secara alami (meninggal dunia) dan graduasi mandiri. Yakni jika sebelumnya termasuk KPM, tetapi ada anggota keluarganya yang mendapatkan pekerjaan, gaji, atau usahanya berkembang dan berpenghasilan diatas upah minimun regional daerah, maka akan terhapus.

"untuk data ini dinamis, akan selalu ter-upgrade untuk memastikan bansos tepat sasaran. Tentunya peran pemda dan masyarakat diperlukan untuk kelancaran penyaluran bansos ini," ujar Fauzan. 

Untuk mengecek apakah Anda terdaftar sebagai penerima Bansos PKH 2024, ikuti langkah berikut:

– Kunjungi website cekbansos.kemensos.go.id.

– Masukkan detail wilayah Anda (Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan).

– Masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan e-KTP.

– Masukkan kode verifikasi yang ditampilkan.

– Klik “Cari Data” untuk melihat hasil.(*)