Teka-teki siapa saja 10 orang anggota DPR RI periode 2024 - 2029 dari daerah pemilihan atau Dapil Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat akhirnya terjawab.

Berdasarkan penghitungan Sainte Lague, 10 kursi DPR RI dari Dapil Jabar II itu dibagi rata antara petahana atau wajah lama dengan wajah baru.

Lima petahana yang masih berhak menduduki kursi dewan di Senayan itu adalah Cucun Ahmad Syamsurijal, Dede Yusuf, Rachel Maryam, Tb Ace Hasan Syadzily dan Najib Qudratullah.

Politisi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal merebut tiket ke Senayan setelah mengantongi dukungan sebanyak 267.788 suara.

Dede Yusuf yang merupakan politisi Partai Demokrat menyegel kursi DPR RI setelah meraih suara sebanyak 210.179 suara.

Rachel Maryam dari Gerindra juga berhak kembali melenggang ke Senayan setelah meraup dukungan 114.749 suara.

Politisi senior Golkar, Tb Ace Hasan Syadzily juga kembali terpilih dengan berbekal 107.704 suara.

Satu lagi muka lama yang kembali akan berkantor di Senayan adalah politisi PAN, Ahmad Najib Qudratullah yang mengumpulkan dukungan suara sebanyak 91.769 pada Pemilu 2024 lalu.

Sementara Lima orang muka baru yang OTW Senayan dari Dapil Jabar II yaitu Ahmad Heryawan, Deni Cagur, Rajiv, Dadang Nasser dan Asep Romi Romaya.

Mantan Gubernur Jawa Barat yang juga politisi PKS, Ahmad Heryawan memastikan lolos ke Senayan setelah meraup dukungan sebanyak 145.034 suara.

Wajah baru berikutnya adalah mantan Bupati Bandung Dua Periode, Dadang Nasser. Politisi Golkar yang karib disapa Kang DN itu melenggang ke Senayan berkat dukungan 100.690 suara.

Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Jawa Barat, Rajiv juga mengunci satu tiket kursi DPR RI dari Dapil Jabar II setelah meraup suara 58.043 pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

PDIP mengirimkan pesohor, Deni Cagur menjadi anggota DPR RI dengan 58.043 suara.

Satu lagi muka baru yang lolos ke Senayan adalah Asep Romy Romaya. Politisi PKS itu juga melenggang mulus setelah meraup 78.772 suara.

Foto : Lima wajah baru ke Senayan
Foto : Lima wajah baru ke Senayan

Kelima muka baru itu menggantikan posisi anggota DPR RI sebelumnya yaitu Anang Susanto (Golkar), Yadi Srimulyadi (PDIP), Iis Rosyita Dewi ( Gerindra ), Rian Firmansyah ( NasDem) dan Diah Nurwitasari ( PKS ).