Bukan hanya memperoleh pahala, puasa juga melahirkan budaya-budaya baru di Indonesia. Di tambah lagi moment Ramadan hanya dapat dilakukan satu tahun sekali.

Foto ilustrasi beli baju Lebaran

Berikut kegiatan-kegiatan unik puasa yang hanya terjadi di Indonesia, yaitu:

1. Ngabuburit

Sembari menunggu waktu berbuka, biasanya kebanyakan masyarakat Indonesia suka ngabuburit atau membeli takjil untuk berbuka puasa. Ngabuburit biasanya dilakukan satu atau dua jam sebelum waktu berbuka puasa.

Tujuan ngabuburit sendiri adalah menghabiskan waktu sampai berbuka. Hal itu agar anda dapat bisa melupakan sejenak rasa lapar sampai waktu berbuka tiba.

2. Membuat Kolak atau Mencari Takjil

Di dalam Bahasa Arab, takjil berarti “menyegerakan” atau kita harus segera berbuka setelah adzan maghrib berkumandang. Tetapi, di Indonesia, takjil mengalami perubahan makna.

Masyarakat Indonesia lebih mengenal takjil sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Kolak sendiri adalah salah satu takjil yang wajib ada selama bulan Ramadan.

Kolak terdiri dari pisang dan kolang-kaling yang direbus bersama gula jawa dan santan. Meski bisa dibuat sendiri di rumah, kolak juga banyak diperjualbelikan di sore hari menjelang waktu berbuka.

3. Bukber

Bukber atau buka bersama juga menjadi kegiatan yang paling ditunggu-tunggu di bulan Ramadan. Lewat kegiatan ini anda bisa bersilaturahmi dengan keluarga, sahabat sampai teman lama.

Agenda khusus buka bersama ini biasanya akan dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Meskipun, anda tidak dapat melakukan buka bersama teman-teman lama, seperti pada tahun sebelumnya.

Namun, tidak perlu bersedih hati. Berbuka puasa bisa dilakukan di rumah dengan anggota keluarga, dilengkapi dengan hidangan yang lezat.

4. Membangunkan Sahur

Orang Indonesia juga punya cara yang unik dan kreatif untuk membangunkan orang lain untuk sahur. Mulai dari menyetel ayat-ayat Al-Qur’an atau lagu-lagu islami melalui toa masjid.

Bahkan, ada juga yang sampai berkeliling komplek dengan menyalakan kentongan sambil berteriak “sahur.” Kegiatan ini yang membuat Ramadan semakin meriah.

5. Beli Baju Lebaran

Kegiatan unik satu ini umumnya dilakukan dua atau satu minggu sebelum lebaran. Pusat perbelanjaan akan menjadi ramai beberapa hari sebelum lebaran.

Selain itu, orang Indonesia suka sekali membeli baju dengan model atau warna senada untuk dipakai bersama sanak keluarga di hari lebaran. Kini membeli baju lebaran bisa dilakukan melalui online, dan anda tetap dapat memilih baju yang kamu sukai bersama anggota keluarga.(*)