Masyarakat dan tokoh di Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang, gelar kegiatan kirab budaya keliling kampung, Kamis (7/3/2024). Dengan busana serba hitam, warga berharap berkah lewat peringatan Haul Syekh Qurotul Ain yang di peringati setiap menjelang masuknya bulan romadhon. 
Foto : Kegiatan Kirab Budaya Haul Syekh Quro ke 165 di Pulobata Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang


Sejumlah hasil bumi seperti padi, pisang, sayuran, buah-buahan dan sesajen lainnya di arak keliling kampung dengan alunan sholawat dan musik kliningan. 

Turut hadir mengawal prosesi kirab tersebut, Kades dan aparat desa Pulokalapa, Muspika Kecamatan hongga Kapolsek dan Danpos Kecamatan Lemahabang. 

"Ini adalah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan beberapa pekan terakhir, mulai turnamen olahraga, kirab budaya dan besok Jumat puncaknya yaitu peringatan isra mikraj tingkat Kabupaten yang akan dihadiri Bupati dan sejumlah Kepala OPD se Kabupaten Karawang. Sementara malamnya, di gelar tawasul berjamaah dan pagelaran Wayang Golek Ki Dalang Dede Koswara, di gelar pada Sabtu malam Minggu, " Kata Kades Pulokalapa Popon Fatmawati.
Foto : Kegiatan Kirab Budaya Haul Syekh Quro ke 165 di Pulobata Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang

Sementara itu, Trantib Desa Pulokalapa Dedi Rusdi mengatakan sejumlah kegiatan lomba olahraga seperti volly dan sepakbola di gelar selama beberapa pekan terakhir. Kegiatan haul ini merupakan tradisi rutin setiap tahun menjelang Ramadhan. Adapun agenda Kamis ini selain kirab budaya sebagai ungkapan syukur atas hasil bumi dan keberkahan syekh Quro, dilanjut dengan gelaran sandiwara Candrasari pada Kamis malam Jumat ini. 

Adapun puncaknya di gelar pada Jumat besok, lewat peringatan isra mikraj dan peringatan haul syekh Quro tingkat kabupaten di pelataran panembahan Pulobata. Insha Allah, Bupati Karawang bersama Para Kepala OPD dan Muspida hadir dalam kegiatan tersebut, dimana waktunya mulai pukul 13.30 Wib siang. 

"Sekarang Haul Syekh Quro dan Syekh Bentong ke 165 ditemukannya makam kedua waliyullah tersebut, " Ungkapnya. (Rd)