BPJS Kesehatan menyiapkan Posko Mudik selama libur lebaran di sejumlah titik strategis pada 5-9 April 2024. Di antaranya adalah Terminal Pulo Gadung Jakarta, Pelabuhan Merak Banten, dan Rest Area Tol Travoy KM 88A Purwakarta.

"Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, robekan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan. Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan Srilanka periode libur lebaran ini," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dalam Konferensi Pers “Pelayanan Program JKN saat Libur Lebaran Tahun 2024” di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Foto ilustrasi ; Mudik Gratis

BPJS Kesehatan juga mengingatkan bahwa peserta tetap dapat mengakses pelayanan rawat jalan di luar wilayah domisilinya selama mudik. Peserta dapat menerima layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di sana maksimal tiga kali dalam sebulan.

Peserta dapat mencari FKTP terdekat melalui BPJS Kesehatan Care Center 165 atau Mobile JKN. Direktur Jaminan Pelayanan BPJS Kesehatan Lily Kresnowati menjelaskan tidak ada biaya tambahan saat mengakses layanan fasilitas kesehatan tersebut.

Selama periode cuti bersama dan libur lebaran pada 8-15 April 2024, BPJS Kesehatan akan tetap membuka kanal layanan. Pelayanan di kantor cabang tersebut akan beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. (*)