Anggota DPR RI Drs. H. Dadang S Muchtar  mensosialisasikan empat pilar MPR-RI kepada pemuda Karawang. Acara tersebut dilaksanakan di RM Alamsari , Telukjambe Timur, (15/3/24).
Foto : Dadang Muchtar bareng pengurus KNPI kabupaten Karawang

Dadang Muchtar katakan pemuda merupakan generasi emas bangsa di masa depan. Sebab itu, pemuda harus diberikan atau dibekal ilmu tentang Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan.

Kalau kita berpegangan teguh pada empat pilar,  insya hidup akan damai. Tidak ada lagi namanya konflik antar golongan atau komonitas. Karena semua sudah diatur dalam empat pilar," beber Dadang Muchtar dihadapan para pemuda yang tergabung di KNPI Karawang.

Politisi partai Golkar itu juga menyebutkan, dengan menyampaikan empat pilar akan bisa menambahkan wawasan kebangsaan pemuda. Selain menambahkan keilmuan seyogyanya mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi contoh untuk pemuda yang lainnya.

"Kita harus menjaga keutuhan negara dalam kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Melalui pemuda kita saling pasti bisa saling menguatkan," katanya menandaskan.

Pada saat sekarang sudah ada ancaman dari budaya asing dan itu mulai merasuki tataran komonitas pemuda di Tanah Air termasuk di Karawang. Insya Allah dengan wadah KNPI ini bisa mencegah budaya asing yang akan menghilangkan budaya negara kita. " Makanya kegiatan sosilisasi empat pilar akan terus diakukan untuk para pemuda," tegas Dadang S Muchtar.

Yakub Fauzi Sekretaris KNPI Karawang menyambut baik atas sosialisasi empat pilar yang disampiakan anggota DPRD tersebut. 

Menurutnya, selain materi yang diberikan tentang pilar bangsa, bisa juga berbagi pengalaman zaman kepemimpinannya selama menjalani karier militer termasuk selama menjabat sebagai Bupati Karawang.

"Bapak ini (Dadang S Muchtar-red) berbagi ilmu dan pengalaman menjadi pemimpin di Kabupaten Karawang. Baik di pemerintahan atau militer. Kami selaku pemuda tentunya sangat bangga," tandas Yakub.(rls)