Breaking News
---

Digelar Tahunan, Piala Dunia U-17 Diikuti 48 Tim

Dari markas FIFA di Zurich, Swiss, dewan badan sepak bola dunia tersebut memutuskan menambah jumlah tim peserta Piala Dunia U-17 menjadi 48. Ajang ini juga ditingkatkan frekuensinya dari dua tahun sekali menjadi tahunan.

Dewan FIFA berkeinginan membuat kejuaraan sepak bola usia muda ini lebih banyak menjangkau hasil pembinaan yang dilakukan di seluruh negara anggotanya. Maka pilihan paling masuk akal adalah menambah jumlah tim peserta dari 24 menjadi 48 dan menggelarnya setiap tahun.

Keputusan ini berlaku mulai Piala Dunia U-17 2025 di Qatar. Artinya penyelenggaraan di Indonesia lalu, menjadi kali terakhir pesta sepak bola usia muda ini diikuti 24 tim.

Foto : Presiden FIFA Gianni Infantino

“Ini menunjukkan komitmen tinggi FIFA terhadap sepak bola usia muda,” begitu petikan kalimat dalam rilis hasil rapat Dewan FIFA, Kamis (14/3/2024). Dewan FIFA terdiri dari 37 orang yang dipimpin Presiden FIFA Gianni Infantino.

Penambahan jumlah tim peserta Piala Dunia U-17 juga berlaku untuk sepak bola putri. Jumlahnya dari 16 tim menjadi 24, dengan pelaksanaannya juga setiap tahun.

Dewan FIFA sekaligus menetapkan tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pria dan wanita. Piala Dunia U-17 2025 putra diselenggarakan di Qatar untuk lima tahun ke depan atau 2025-2029, sedangkan putri digelar di Maroko, juga dari 2025 hingga 2029.

“Penetapan negara tuan rumah untuk lima tahun ini merupakan langkah efisiensi. Selain juga menjamin keberlanjutan turnamen,” demikian penjelasan dari FIFA.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan