Pihak RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) meminta, pola makan selama puasa di bulan Ramadan 2024 dijaga teratur. RSCM sangat tidak menyarankan, menu berbuka puasa dengan aneka gorengan.

RSCM Tidak Anjurkan Menu Buka Puasa Gorengan

"Jadi, jangan sampai makanan pembuka seperti gorengan. Bulan puasa kadang-kadang sahurnya sederhana, namun saat buka makan banyak," kata Ahli Gizi RS RSCM Anna Ngatmira, Sabtu (16/3/2024).

Anna mengatakan, menyantap makanan bersantan secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Jika sahur menyantap menu bersantan, saat berbuka puasa sangat disarankan menggunakan hidangan yang manis-manis.

"Misalnya kalau kita mau tetap makan sehat, tetapi dipilih salah satu menunya. Biasanya kita dianjurkan makannan yang manis dulu," ucapnya.

Pola makan tersebut, Anna menjelaskan, demi mengontrol untuk gula darah dalam tubuh agar tetap normal. Jika bisa, saat berbuka puasa, mengkonsumsi hidangan manis berkadar gula rendah.

RSCM Tidak Anjurkan Menu Buka Puasa Gorengan

"Seperti korma, es manis, minuman buah, tapi, gulanya yang rendah kalori. Jadi kita tetap bisa merasakan manis tapi dengan gula yang rendah," ujarnya. (*)