Breaking News
---

Donald Trump Resmi Jadi Capres dari Partai Republik

Mantan Presiden Donald Trump resmi menjadi calon presiden (capres) dari Partai Republik. Dia berhasil memperoleh dukungan mayoritas delegasi pada konvensi Partai Republik yang akan diselenggarakan pada Juli nanti.

Donald Trump

"Dukungan yang diperoleh Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik pada Selasa (12/3/2024) malam waktu AS mencapai1.228 delegasi. Jumlah itu melampaui ambang batas yang ditetapkan untuk seorang kandidat agar dapat menjadi capres dari partai tersebut, yaitu 1.215 delegasi," tulis laporan Associated Press (AP), Rabu (13/3/2024). 

Hasil itu diperoleh Trump setelah dia memenangkan pemilihan pendahuluan di Georgia, Mississippi, Hawaii, dan Washington. Ini menyusul kemenangan besarnya di 15 negara bagian pada ajang Super Tuesday sepekan sebelumnya.

Sebagai kandidat pertama yang mengikuti pemilihan pendahuluan capres Partai Republik, Trump menikmati status sebagai kandidat terdepan sepanjang kampanye. Pencalonannya pun tidak dapat dibendung selama berbulan-bulan lantaran Trump mendominasi jajak pendapat publik dan kemudian pemilihan awal.

Penantang terakhir Trump yang tersisa dalam perebutan tiket pencapresan Partai Republik, Nikki Haley, harus menerima kekalahan telak. Mantan gubernur Carolina Selatan itu hanya mampu mengungguli Trump di Washington DC dan Vermont.

Dengan begitu, Pilpres AS 2024 yang bakal digelar pada 5 November 2024 mendatang dapat dipastikan menjadi ajang pertarungan ulang antara Trump melawan Presiden petahana Joe Biden. Ini yang juga berhasil memperoleh tiket pencapresan dari Partai Demokrat pada hari yang sama.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan