Breaking News
---

DPMD Karawang Sebut 88 Desa Sudah 'Cairkan' Dana Desa Tahap 1 Tahun Ini

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Karawang melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa menyebut, sebanyak 88 desa yang tersebar di 15 kecamatan telah tersalurkan Dana Desa Tahap 1 tahun 2024 ini. Penyaluran tersebut meliputi kegiatan yang telah ditentukan earmark sesuai kewenangan desa atau non earmark dengan total Rp47,9 milyar.
Foto : Dana Desa Tahap 1 Tahun 2024 Sudah cair di 88 Desa di Karawang

"Pencairan ini merupakan tindaklanjut  dari surat edaran mentri desa dan pdtt Nomor 1 tahun 2024 tentang percepatan penyaluran dan pelaksanaan dana desa tahun anggaran 2024, " Kata Andry Irawan, Kabid APD DPMD Karawang, Rabu (6/3/2024). 

Andry menyebut, bahwa regulasi itu diarahkan agar pemerintah kabupaten melakukan langkah-langkah fasilitasi dan pembinaan desa dalam pengelolaan Dana Desa. Kemudian, jumlah 88 desa yang sudah salur tersebut diakui Andry memang mereka sudah mengajukan lebih awal sesuai edaran kepala DPMD Nomor 400.10.2.4/172/APD Tanggal 7 Pebruari 2024 perihal Pengajuan Dana Desa Tahap 1.
"Kami berharap Dana Desa ini dipergunakan sesuai perencanaan yg telah ditentukan. Juga dikelola secara efesien, efektif, partisipatif, transparan serta tertib dan disiplin anggaran. Sehingga maafaatnya dirasakan masyarakat optimal, " Ungkapnya. 

Kades Karangtanjung Kecamatan  Lemahabang, Juhari SH mengatakan, dirinya belum tahu kalau DD tahap 1 kabarnya sudah turun, tapi mudah-mudahan Jumat ini kalau bisa masuk ke rekening Desa. 

"Katanya baru SP2D, moga aja Jumat sudah masuk rekening, " Ungkapnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan