Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada leg pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3/2024) malam WIB. Egy Maulana Vikri yang masuk dari bangku cadangan mencetak gol tunggal kemenangan Skuad Garuda.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, duel keras di lini tengah mewarnai laga Indonesia versus Vietnam. Para pemain kedua tim kerap saling melakukan pelanggaran keras dalam perebutan bola.

Egy Maulana Vikri Cetak Gol Tunggal, Indonesia Bungkam Vietnam di SUGBK

Timnas Indonesia menghasilkan peluang emas pertama di menit ke-29 melalui aksi Rafael Struick. Pemain ADO Den Haag itu berhasil menyisir dari sisi kiri hingga menembus kotak penalti.

Struick lebih dulu melakukan cutting inside sebelum melepaskan tembakan. Sayang, bola masih dapat diamankan kiper Vietnam Vo Minh Trong.

Setelah itu, Vietnam langsung tampil menyerang sejak menit awal. Namun, solidnya permainan lini pertahanan Indonesia membuat gawang skuad Garuda tak terbobol hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae Yong langsung melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, Shandy Walsh masuk menggantikan Yakob Sayuri, Hokky Caraka, dan Nathan Noel.

Pergantian pemain ini memberikan perbedaan dengan permainan Skuad Garuda. Pola permainan Maraelino dkk. lebih berfariatif dan agresif menyerang.

Egy Maulana Vikri akhirnya mampu membawa Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam pada menit ke-51. Berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, bola kemelut di depan gawang Vietnam dimanfaatkan Egy menjadi gol.

Serangan kombinasi Timnas Indonesia mulai terlihat sejak awal babak kedua. Umpan satu-dua berujung terobosan kerap sukses menembus pertahanan Vietnam.

Pada menit ke-60, serangan cepat Timnas Indonesia menghadirkan bahaya di lini pertahanan Vietnam. Umpan silang Ivar Jenner coba disambar Jay Idzrs namun bola masih bisa diamankan Filip Nguyen.

Pada menit ke-80, Shin Tae Yong kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Ricky Kambuaya. Pemain Dewa United itu menggantikan sang kapten Rizky Ridho.

Timnas Indonesia nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-90 melalui sontekan Egy memanfaatkan umpan Pratama Arhan. Namun tembakan Egy masih bisa ditepis Filip Nguyen yang tampil impresif di laga ini.

Alhasil tak ada gol tambahan tercipta hingga babak kedua usai. Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada laga kali ini.

Dan Presiden Joko Widodo turut menyaksikan kemenangan Tim Nasional sepak bola Indonesia atas Vietnam. Timnas Indonesia meraih poin penuh pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam.

Kemenangan 1-0 tim Garuda diraih melalui gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-52. Usai menonton, kepada awak media Presiden menyebut, laga Indonesia versus Vietnam berlangsung seru.

Presiden bersyukur, karena Skuad Garuda menang 1-0. Kepala Negara juga menilai tim Vietnam bermain baik dalam pertandingan tersebut.

"Sangat seru, tim Vietnam juga bermain sangat bagus. Namun, Alhamdulillah kita mendapatkan poin, bisa 1-0," kata Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan, kemenangan Timnas Garuda ini menjadi modal untuk menghadapi laga berikutnya. Setelah laga ini, Timnas dijadwalkan melakukan laga tandang ke Vietnam pada 26 Maret 2024 mendatang.

Dengan hasil ini, Indonesia untuk sementara menduduki posisi kedua klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia Grup F Zona Asia. Indonesia mengumpulkan poin 4 hasil dari sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Presiden berharap Timnas bisa menang ketika berlaga di Vietnam untuk memperbesar peluang lolos ke fase selanjutnya. "Ya, nanti kita lihat. Kalau di Vietnam bisa menang lagi, berarti lolos," ucap Kepala Negara.

Dalam pertandingan, Timnas Indonesia berhasil unggul 1-0 pada menit ke-52 lewat sontekan Egy Maulana Vikri. Egy memanfaatkan peluang setelah terjadi kemelut di kotak penalti hasil dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Kerja sama kedua pemain tersebut bahkan nyaris menambah keunggulan Indonesia pada menit ke-90. Umpan silang Arhan diteruskan Egy dengan tendangan mendatar ke pojok kiri gawang Vietnam, namun sayang tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Vietnam dan skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Presiden Jokowi menyaksikan pertandingan tersebut didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Selain itu, hadir pula sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. (*).