Umat Muslim di seluruh dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa.

Foto ilustrasi olahraga saat berpuasa

Namun tahukah anda kalau berpuasa memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh kita ?.

Dikutip dari catatan Ahli Gizi dan Nutrisi, Nofika Aisyah, ada Empat fase yang akan terjadi dan dirasakan tubuh saat kita berpuasa pada bulan Ramadhan ini.

Puasa Hari pertama dan kedua, kadar gula darah akan menurun. Rasa lapar pun intens dirasakan pada periode ini. Denyut jantung dan tekanan darah pun menurun. Glikogen dari Hati dan otot digunakan sehingga tubuh merasa lemas.

Memasuki Puasa Hari Ketiga hingga ketujuh, tubuh mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi. Sistem pencernaan beristirahat, seluruh energi digunakan untuk pembersihan dan penyembuhan. Aktivitas sel darah putih dan sistem imun pun akan meningkat.

Pada Puasa Hari Ke-8 hingga ke-15, efisien dalam Detoksifikasi atau membuang racun. Puasa di fase ini memungkinkan tubuh untuk penyembuhan secara alami. Kemudian meningkatkan energi sehingga pikiran pun jauh lebih jernih dan lebih baik.

Nah pada Hari Ke-16 hingga ke-29 atau 30, tubuh pun berhasil beradaftasi pada keadaan puasa di fase terakhir ini. Puasa juga meningkatkan memori, konsentrasi, dan keseimbangan emosi. Ketika detoksifikasi selesai dan tubuh bekerja maksimum dalam poliferasi jaringan untuk mengganti jaringan yang rusak.

Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1445 H.(*)