Pemkab Garut melalui Dinas Pariwisata dan Budaya mengeluarkan himbauan dan menyebarkan papan peringatan didaerah-daerah zona rawan di pesisir Pantai Garut Selatan.

Gelombang Pasang, Disparbud Garut Pasang Papan Peringatan

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Pemkab Garut Luna Aviantrini mengatakan, himbauan dan papan peringatan dipasang pasca terjadinya angin kencang dan gelombang pasang yang telah merusak fasilitas nelayan dan fasilitas umum lainnya di Pantai Rancabuaya Kecamatan Caringin Garut.

"Kami akan sebarkan peringatan kepada masyarakat berkaitan dengan situasi di Pantai Rancabuaya," katanya, Kamis (14/3/2024).

Ia menyampaikan, kondisi perubahan cuaca ekstrim dinilai cukup beresiko masyarakat setempat khususnya lagi bagi wisatawan.

"Dalam situasi perubahan cuaca buruk saat ini khususnya dipesisir pantai, kami himbau wisatawan untuk tidak berwisata dan tetap waspada sampai situasi dan iklim benar benar aman dan bersahabat," tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca yang diterbitkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejak 2 hari kemarin hingga tanggal 14 Maret 2024, perairan Garut-Pangandaran diprediksi akan mengalami gelombang tinggi antara 18-22 knot dengan tinggi gelombang sekitar 2,5 - 4 meter. (*)