Breaking News
---

Gibran Sebut Kedepan Calon Pemimpin Tak Lagi Membutuhkan Partai Politik

Peneliti Perludem Usep Hasan Sadikin merespons, pernyataan Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka soal calon pemimpin. Gibran menilai, calon pemimpin di masa depan nantinya tidak bergantung pada Parpol.

Foto : Gibran Rakabuming Raka

Usep menilai, pernyataan Gibran itu tidak bisa terlepas dari 'Jokowi Effect'. Karena, asal-muasal Jokowi dalam karirnya politiknya, bukanlah dari kader parpol.

"Ini merujuk karir dari Presiden Jokowi, yang asal-muasalnya bukan dari kader parpol. Ada semacam Jokowi effect sejak ada fenomena Jokowi di Solo kemudian di Jakarta lalu tingkat nasional," kata Usep, Senin (4/3/2024).

Usep menceritakan, proses Pilkada Solo yang kala itu Jokowi diusung oleh parpol, dalam artian PDIP. Dalam pencalonan itu, PDIP selaku partai pengusungnya dinilainya mendapat keuntungan elektabilitas Jokowi dalam pemilu.

"Pembahasan ini salah satunya berdasarkan dari dinamika hasil Pemilu 2024 dari statement Mas Gibran. Kalau ditarik kesimpulan, ternyata kepemimpinan tidak bergantung dengan parpol, justru Parpol yang bergantung dengan sosok pemimpin," ucap Usep.

Sebelumnya, Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka menyebutkan, ke depannya calon pemimpin tak lagi membutuhkan partai politik. Hal ini disampaikan Gibran, di hadapan relawannya Bolonemase di Solo, beberapa waktu lalu.

Menurut Gibran, anak-anak muda yang akan terjun ke dunia politik lebih mengarah ke gerakan sosial. Gibran menyerukan agar para relawan untuk mengawal Pilkada.

Lebih lanjut, Gibran menegaskan, arah politik anak muda dalam pencalonan sudah tidak lagi bergantung pada partai politik. Para pemimpin masa depan akan lahir dari gerakan sosial yang berbasis komunitas.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan