Gregoria Mariska Tunjung gagal meraih gelar juara Swiss Open 2024. Tunggal putri Indonesia itu takluk dari wakil Spanyol, Carolina Marin di final, Minggu (24/3/2024) malam WIB.

Lanny/Ribka Juara Ganda Putri di Swiss Open 2024

Bertanding di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Gregoria kalah setelah berjuang tiga gim 21-19, 13-21, dan 22-20. Partai final turnamen BWF Super 300 ini berlangsung sengit sejak gim pertama.

Gregoria tampil ciamik pada awal pertandingan di gim pertama. Pebulu tangkis asal Wonogiri, Jawa Tengah berhasil meredam permainan agresif yang diterapkan oleh Carolina Marin.

Pada jeda interval gim pertama, Gregoria akhirnya mampu unggul dengan skor 11-9. Selepas rehat, Marin mengubah strateginya. 

Skemanya berjalan dengan baik, Marin mampu membalikkan keadaan. Namun, Gregoria tidak mampu mengejar dan Marin mengunci gim pertama lewat kemenangan 21-19.

Memasuki gim kedua, pertarungan sengit antara Gregoria dan Marin kembali terjadi. Gregoria menunjukkan performa yang lebih baik dan bisa kembali unggul 8-6 setelah merebut lima poin beruntun.

Gregoria lalu merebut poin berikutnya dan unggul 11-8 di saat interval. Setelah interval, Gregoria dengan cermat bisa mempertahankan tekanannya pada Marin. 

Gregoria

Gregoria bisa memimpin 14-10 dan melaju dengan skor 18-12 setelah merebut tiga poin beruntun. Gregoria langsung menyudahi laga di gim kedua dengan skor 21-13 setelah netting silang Marin gagal.

Pada gim penentuan, Gregoria merebut tujuh poin beruntun untuk unggul 10-4 atas Marin. Lewat penempatan bola silang yang gagal dikembalikan Marin, Gregoria memasuki interval dengan keunggulan 11-6.

Usai interval, Gregoria justru kehilangan keunggulan setelah Marin merebut enam poin beruntun untuk berbalik unggul. Sejak saat itu, Gregoria dan Marin terus kejar-mengejar angka sampai imbang 19-19.

Gregoria sempat mencapai match point lebih dulu, tapi digagalkan Marin. Gregoria melakukan kesalahan dalam mengembalikan servis Marin dan memberi lawannya itu match point. 

Gregoria pada akhirnya kalah 20-22 dari Marin.

Untuk ganda putri Indonesia, Lanny Tria Mayasari dan Ribka Sugiarto, berhasil meraih gelar juara di Swiss Open 2024. Setelah pertandingan yang seru dan menegangkan di St. Jakobshalle, Minggu (24/3/2024) malam WIB. 

Kemenangan Lanny/Ribka setelah mengalahkan pasangan Taiwan, Hsu Ya Ching dan Lin Wan Ching. Dalam pertandingan rubber game dengan skor 13-21, 21-16, 21-8.

Kemenangan ini tidak hanya menjadi yang pertama bagi Lanny dan Ribka atas Hsu Ya Ching dan Lin Wan Ching. Tetapi juga membawa kebanggaan bagi bulu tangkis Indonesia.(*)