Meskipun kecil, manfaat kurma untuk ibu hamil cukup banyak. Buah bercita rasa manis ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Foto : Kurma

Buah ini kaya akan vitamin dan mineral, serta antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Nah, selama kehamilan, penting untuk makan makanan yang seimbang dengan nutrisi penting seperti dalam kurma. Oleh karena itu, kebutuhan gizi pun akan terpenuhi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat kurma bagi ibu dalam proses kehamilannya, antara lain:

1. Tinggi Serat untuk Cegah Sembelit

Kurma mengandung banyak serat makanan, yang membantu pergerakan usus. Empat buah kurma memiliki sekitar 6,7 gram serat atau setara dengan sekitar 25 persen dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 20 hingga 35 gram.

Kandungan serat dalam kurma ini dapat membantu mencegah sembelit. Ini adalah gejala umum selama kehamilan, karena hormon menyebabkan saluran pencernaan melambat sehingga ibu pun mudah sembelit.

2. Memenuhi Kebutuhan Kalium

Tubuh membutuhkan kalium untuk menjaga keseimbangan cairan dan mendukung fungsi sel secara teratur.

Banyak ibu hamil mengalami muntah pada trimester pertama, yang dapat membuat kadar kalium dalam tubuh menurun.

Dengan mengonsumsi kurma, ibu bisa mendapatkan asupan kalium. Buah ini mengandung sekitar 696 miligram kalium dalam porsi 100 gram (sekitar 4 buah kurma).

3. Membantu Memenuhi Kebutuhan Folat

Manfaat lain dari kurma untuk ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan folat atau vitamin B9.
Folat adalah nutrisi penting selama kehamilan karena mencegah cacat lahir yang serius seperti spina bifida.

Rekomendasi asupan folat untuk ibu hamil adalah sekitar 600 mcg per hari. Kurma menyediakan 15 mcg folat per 100 gram sajian.

4. Sumber Zat Besi yang Penting

Ibu hamil berisiko lebih tinggi mengalami anemia defisiensi besi, dan membutuhkan dua kali jumlah zat besi dibandingkan mereka yang tidak hamil.

Anemia defisiensi besi yang parah dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan depresi pascapersalinan. Kurma mengandung sekitar 1 miligram zat besi per 100 gram sajian.(*)