Breaking News
---

Ini Penting Diketahui Tips Sehat Saat Sedang Berpuasa

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan oleh umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali warga muslim di Indonesia. Pakar kesehatan Universitas Airlangga (Unair) membagikan tips tetap sehat saat berpuasa.

"Sebenarnya puasa bukanlah halangan untuk tetap sehat dan bugar. Justru puasa akan buat tubuh kita, semakin sehat,” ujar Koordinator Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Olahraga, Universitas Airlangga UNAIR Surabaya, Prof. Dr. Bambang Purwanto.
Foto ilustrasi makan sahur bersama sekeluarga

Prof. Dr. Bambang Purwanto, mengatakan puasa adalah saat bagi sistem pencernaan dan metabolisme beristirahat. Fase istirahat dapat dimanfaatkan utk meregenerasi dan mereparasi semua jenis kerusakan.

“Saat inilah tubuh kita melakukan setting ulang kembali ke awal (settingan pabrik). Dengan demikian, selepas sebulan berpuasa, Insya Allah, sistem tubuh kita berfungsi lebih baik, sehat dan bugar," ujarnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Santi Martini, anggota Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Surabaya menyatakan, untuk tetap menjaga kesehatan saat berpuasa perbanyak minum air putih.

“Meskipun kita berpuasa, makanlah secukupnya, perbanyak minum air putih, dan kegiatan aktivitas tetap berjalan seperti biasa. Dan dimudahkan dalam menjalankan ibadah puasanya, sehingga tetap sehat, dan bisa genap dalam menjalankan ibadah puasanya," jelasnya.

Berikut tips menjaga kesehatan selama bulan berpuasa dari Pakar Unair

1. Sahur banyak minum dan makan secukupnya tidak berlebihan. Semua unsur zat seperti karbohidrat, protein, dan lemak boleh ada, banyak sayuran dan buah-buahan.

2. Buka dengan makanan atau minuman yang manis. Setelah salat magrib makan nasi secukupnya, banyak protein, sayur dan buah. Kurangi karbohidrat.

3. Minum obat apabila ada penyakit kronis seperti kencing manis, kolesterol, tekanan darah tinggi.

4. Minum vitamin bila diinginkan

5. Banyak minum air putih

6. Bekerja seperti biasanya

7. Olahraga ringan menjelang buka (apabila ingin olahraga)

8. Jangan lupa menjaga salat lima waktu

9. Perbanyak ibadah sunah lainnya

10. Positif thinking selalu.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan