Foto ilustrasi Kotak Suara Pemilu 2024
Kontestasi Pemilu 2024 sudah usai. Di Kabupaten Bandung, penantian dan teka-teki 55 orang calon anggota DPRD Kabupaten Bandung periode 2024-2029 akhirnya terjawab.

Beberapa muka lama pun kembali terpilih dan masih akan berkantor di gedung dewan yang terletak di dalam lingkungan komplek Pemkab Bandung di Soreang itu. Sejumlah muka baru pun akan menyertai mereka untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Kabupaten Bandung.

PKB menjadi partai politik yang paling banyak mengantarkan kadernya untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung dengan 12 kursi.

Berikut nama lengkap 55 calon anggota DPRD Kabupaten Bandung masa bakti 2024-2029 hasil Pemilu 2024.

Dari Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Soreang, Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali, Cangkuang dan Kecamatan Kutawaringin, ada 8 kursi Dewan yang akan diduduki olehHadiyat ( PKB),Titik Kartika (PKB), Arya Everest Setiawan (Gerindra), Candra Kumala (Golkar),Imas Hadiyati (Nasdem), Gun Gun Gunawan (PKS), Eep Jamaludin Sukmana (PAN) dan M. Akhiri Hailuki (Demokrat).

Dari Dapil 2 Kecamatan Margahayu, Margaasih, Katapang, dan Kecamatan Dayeuhkolot juga ada 8 kursi yang direbut Krisna Alamsyah ( PKB),Aep Dedi (Gerindra),Angle Nastesha Geonadi (PDIP), Iyep Jamaludin (Golkar), Aas Aisyah (Nasdem), Dadang Suryana (PKS), Tedi Supriadi (PAN) dan Anton Ahmad Fauzi (Demokrat).

Berikutnya sebanyak 7 kursi dari Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Cileunyi, Cimenyan, Cilengkrang, dan Kecamatan Bojongsoang direbut Hilman Faroq ( PKB), Praniko Imam Sagita (Gerindra), Pironi Knight Grimaldi (PDIP), Riki Ganesha (Golkar), Imam Soetanto (Nasdem), Muhammad Akmal Arafat (PKS) dan Veny Noveny (Demokrat).

Dari Dapil 4 Kecamatan Cicalengka, Nagreg, Cikancung dan Kecamatan Rancaekek ada 7 kursi yang diperebutkan. Mereka yang berhasil lolos adalah Linda Harlina (PKB),Acep Ana ( PKB), Dedi Saeful Rohman (Gerindra), Dilar Rinaldi (Golkar) Cecep Suhendar (Golkar), Tony Fathony (PKS) dan Faisal Rodi Sukmana (Demokrat).

Sebanyak 7 kursi juga diperebutkan dari Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Majalaya, Solokanjeruk, Paseh dan Kecamatan Ibun. Mereka adalah Renie Rahayu Fauzi (PKB), Dudi Mustopa (PKB), Dadang Hermawan (PDIP),Obi Kristian (Golkar),Sandi Sudrajat (Nasdem), Feny Irfany Muhamad (PKS) dan Raindra M. Oto (Demokrat).

Dapil 6 yang meliputi Kecamatan Ciparay, Pacet, Kertasari dan Kecakatan Baleendah ada 9 kursi yang diperebutkan. Mereka yang terpilih adalah Tarya Witarsa (PKB), Wawan Sofwan (PKB),Taufik Rahman Hakim (Gerindra), Yayat Sumirat (PDIP), Firman B. Sumantri (Golkar),Toni Permana (Nasdem), Uus Haerudin (PKS), Elin Wati (PAN) dan Asep Ihsan (Demokrat).

Sementara dari Dapil 7 Kecamatan Banjaran, Pameungpeuk, Pangalengan, Arjasari, dan Kecamatan Cimaung ada 9 kursi yang diperebutkan. Mereka yang terpilih adalah Dadang Hemayana (PKB),Tete Kuswara (PKB),Yayat Hidayat (Gerindra), Bintang Yansusan (Golkar), Asep Yusup Salim (Golkar),Tarlan (Nasdem),Ahmad Zaenal (PKS),Yadi Supriadi (PAN) dan Tantriana Dewi Martadinata (Demokrat).

Dengan komposisi tersebut, maka PKB berhak atas kursi Ketua DPRD Kabupaten Bandung periode 2024-2029.

Sementara Wakil Ketua akan diisi oleh kader Golkar, PKS dan Demokrat.