Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengumumkan rencana investasi besar dari investor asing untuk membangun pabrik motor listrik di Indonesia dengan nilai investasi mencapai ratusan juta dolar. 

Foto : Ilustrasi

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto, mengungkapkan bahwa pabrik ini direncanakan akan dibangun di Karawang, Jawa Barat.
Meski detail mengenai asal investor belum diungkapkan, Seto menyatakan bahwa proyek ini akan membawa persaingan baru dalam industri otomotif.

"Tahun ini akan ada pabrik motor listrik yang akan cukup besar dibangun di Karawang. Keberadaannya akan memunculkan persaingan baru di antara pabrikan. Misalnya, jika BYD masuk, ini akan menjadi daya tarik yang lebih baik," kata Seto dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2024.

Meskipun pabrikan otomotif yang dimaksud belum diidentifikasi secara rinci, Seto menunjuk India dan China sebagai pemain utama dalam produksi motor listrik.

Dia juga menegaskan bahwa kualitas sepeda motor listrik yang akan diproduksi di pabrik Karawang sudah teruji, yang akan mendorong persaingan yang sehat di pasar.

"Jika melihat kualitas motor mereka, sudah terbukti baik. Salah satu kendala pengguna adalah jarak tempuh dan kemacetan, namun hal ini diatasi dengan kualitas yang sudah teruji. Ini akan membuat persaingan semakin menarik," katanya. (Rd)