Dari sekian banyak komoditi sayuran, cabe rawit merah jelang ramadan ini bersaing ketat harganya dengan jenis cabe-cabe lainnya.

Jelang Ramadan, Harga Cabe Merah Rawit Bersaing Ketat, Harga Cabe Kriting Merah Ungguli Komoditi Sejenisnya

Kini harga cabe rawit merah dikisaran 55 ribu rupiah per kilogramnya, ditingkat eceran,sementara ditingkat produsen antara 45 hingga 50 ribu rupiah perkilogramnya.

Menurut Didin pedagang sayuran eceran di Jalan Merdeka Garut,harga cabe rawit merah ini cenderung bertahan dan stabil, stoknya pun dinilai cukup banyak.

" Cabe merah rawit ini selalu menjadi favorit bagi pelanggan sehingga harganya selalu stabil, harganya tidak pernah anjlok seperti komoditi sayuran pada umumnya,"katanya, selasa (5/3/2024).

Bahkan menurut Didin, jika stok menipis dan barang susah didapat maka harganya meroket menandingi harga daging sapi dpasaran.

"Jika stok terbatas ditingkat petaninya, harga cabe rawit merah ini bisa menembus diatas 100 ribu rupiah per kilogramnya,"tandasnya.

Harga cabe merah kriting disejumlah Pasar tradisional di Kabupaten Garut, hingga saat ini masih unggul dibandingkan dengan komoditi sejenisnya.

Menurut Elis Herlina pedagang sayuran di Pasar Guntur Garut, harga cabe merah kriting saat ini dikisaran 65 hingga 70 ribu rupuah dari harga normal 40 ribu rupiah per kilogramnya.

"Ya harga cabe kriting ini maauh unggul, untuk harga eceran 1/4 kilogramnya dijual 18 ribu rupiah,"katanya, selasa (5/3/2024).

Ia menyampaikan, harga cabe merah kriting dan komoditi sayuran lainnya hampir sama dengan harga yang ada ditingkat distributor atau bandar.

"Kalau saya ambil barangnya dari gudang atau los langaung ditingkat petani tidak melalui bandar sayuran yang ada di pasar guntur,sehingga harganya lebih murah,"tandasnya.(*)