Breaking News
---

JK Sebut Jokowi Boleh Gabung Golkar Tapi Ada Syaratnya

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI yang juga merupakan politikus senior Partai Golkar, Jusuf Kalla merespons kabar Presiden Joko Widodo yang akan bergabung dengan Partai Golkar. 

Foto : Jokowi dan Jusuf Kalla

JK mengatakan, siapapun bisa bergabung ke partai pohon beringin tersebut. Namun untuk menjadi pengurus, ada syaratnya. (3/3/24).

"Semua orang bisa bergabung ke Golkar tapi tentu dengan syarat-syarat," ucap Jusuf Kalla. 

"Untuk jadi pengurus ada aturannya, kalau untuk jadi ketua atau jadi apa harus minimum 5 tahun menjadi pengurus," lanjutnya. 

Isu Jokowi yang dianggap merapat ke Partai Golkar bukan hanya belakangan ini saja. Jokowi pernah memberikan gesture tak biasa dengan memakai dasi kuning saat hendak bertolak ke Jepang pada 16 Desember 2023.

Jokowi juga lebih memilih datang ke HUT Partai Golkar ketimbang ke HUT partainya sendiri, yakni PDI Perjuangan (PDIP). 

Isu ini sudah lama berhembus sejak Jokowi mulai berjarak dengan PDIP karena berbeda arah dukungan di Pilpres 2024. Kerenggangan kian terkonfirmasi saat suara PDIP di Pemilu kali ini turun dibanding 2019. 

Beberapa pihak menilai Jokowi masih membutuhkan kendaraan politik untuk melenggangkan kekuasaannya setelah tak lagi menjadi Presiden. Terlebih, Jokowi ingin terus mengawal anak sulungnya yang berada dalam pemerintahan.

"Titik Jokowi terlalu kecil untuk bisa memmengaruhi parlemen, makanya masuklah dia ingin mempengaruhi melalui Partai Golkar," ungkap pengamat politik, Ikrar Nusa Bhakti. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan