Breaking News
---

Menteri OLahraga Bangga, Juara All England, Fajar/Rian Lolos Olimpiade 2024

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ganda putra Indonesia itu mengamankan tiket ke Paris usai menjuarai All England 2024.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dipastikan lolos ke Olimpiade 2024. Tiket ke Paris sudah mereka amankan usai menjuarai All England 2024

Fajri (sapaan Fajar/Rian) juara All England 2024 usai mengalahkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Mereka memenangi pertarungan dalam dua gim langsung dengan skor 21-16 dan 21-16 di Utilita Arena, Minggu (17/3/2024).

Gelar All England 2024 membuat Fajar/Rian dipastikan aman lolos ke Olimpiade Paris 2024. Fajar/Rian naik ke urutan ketujuh dalam ranking race to Olympic 2024 dengan catatan 80,149 poin.

Berdasarkan perhitungan matematis, poin Fajar/Rian tidak akan tergoyahkan dari posisi delapan besar hingga akhir kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Pesaing terdekat dari negara lain yakni, Ou Xuan Yi/Liu Yu Chen dan Lee Yang/Wang Chi Lin.

Fajar menekankan pentingnya menjaga kondisi tubuh agar tidak cedera dan sakit menjelang Olimpiade. "Cedera itu musuh para atlet, itu yang harus dijaga,” kata Fajar dalam rilis resmi PBSI, Senin (18/3/2024).

“Jangan sampai sakit juga, jaga imun, semangat, dan mood; Itu yang harus dijaga agar mood kita tetap bagus," ucapnya. Fajar berharap bisa terus tampil maksimal di setiap turnamen.

Sementara itu, gelar juara All England jadi harapan besar Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut gelar ini menyulut semangat kontingen bulu tangkis untuk tampil di Olimpiade.

"Dua kemenangan ini menjawab banyak harapan Badminton Lovers Indonesia dan memberikan semangat besar untuk tim Indonesia Paris 2024. Harapan besar tentu peak performance para atlet ada di Olimpiade 2024 Paris," Raja Sapta Oktohari dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/3/2024).

Kini tinggal menyisakan dua turnamen untuk mengejar tiket ke Olimpiade Paris 2024. Swiss Open dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 menjadi dua turnamen terakhir untuk bisa mendulang poin.

Bagas/Fikri masih memiliki peluang untuk menyusul Fajar/Rian untuk tampil di Olimpiade Paris 2024. Bakri (sapaan Bagas/Fikri) saat ini berada di urutan 9 kalasemen Race to Olympic dengan koleksi 71,129 poin. 

Bagas/Fikri butuh naik satu peringkat lagi untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Hal ini dikarenakan hanya posisi delapan teratas yang dapat tiket ke Paris.

Dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyampaikan apresiasi atas kinerja Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Apresiasi ini menyusul keberhasilan pebulu tangkis Indonesia mempersembahkan dua gelar juara All England 2024.

"Mewakili pemerintah, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para atlet yang menjuarai All England. Terutama untuk tunggal putra yang berhasil mengakhiri puasa gelar selama 30 tahun," kata Menpora di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (19/03/24).

Selain memberikan ucapan selamat, Dito Ariotedjo juga menyoroti kinerja PBSI yang menurutnya bekerja sangat baik, terutama dalam memanfaatkan 'sport science' atau ilmu keolahragaan. "Kami Kemenpora mengapresiasi kinerja Pokja PBSI," ujarnya.

Menurut Dito, sejak November lalu Pokja PBSI tidak berhenti melakukan transformasi dan juga evaluasi. Serta, menyiapkan atlet-atlet terbaik badminton untuk Olimpiade Paris 2024. "Hari ini kita melihat hasil bagaimana jika mengkombinasikan pelatihan yang konvensional digabung dengan sport science dan juga berbagai dukungan teknologi," kata dia.

Pada kompetisi bulutangkis tertua di dunia tersebut, dua wakil Indonesia berhasil menyabet gelar juara, yakni di nomor tunggal putra dan ganda putra. Bahkan, di nomor tunggal putra terjadi All Indonesian Final setelah Jonatan Christie berhadapan dengan Anthony Sinisuka Ginting.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan