Bulan Ramadan identik dengan kurma sebagai salah satu takjil bagi umat Islam. Kurma Ajwa atau “Kurma Nabi” merupakan kurma dengan kandungan  vitamin tinggi dan banyak manfaatnya.

Foto :  Kurma Ajwa

Walau harganya cenderung lebih mahal dari kurma lainnya, namun kurma jenis ini tetap banyak dicari. Kurma ajwa mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, protein, serat, karbohidrat, dan antioksidan.

Kurma ajwa juga mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol dan antosianin. Bahkan kandungan polifenol pada ajwa lebih tinggi dari kurma lainnya.

Berikut manfaat kurma ajwa:

1. Anti tumor

Kurma ajwa mengandung beta D-glucan yang memiliki aktivitas anti tumor dan kanker.    

2. Mengatasi sembelit

 Perubahan pola makan selama berpuasa dapat memicu terjadinya sembelit. Kurma mengandung prebiotik  dan antioksidan polifenol yang membantu melancarkan pencernaan bakteri baik di usus.

3. Menambah energi

Kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi, menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh selama berpuasa.

4. Mengendalikan gula darah

Mengonsumsi dua hingga lima butir kurma ajwa per hari bisa mengendalikan kadar gula darah. Hal ini berkat senyawa polifenol yang mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan.

Dengan begitu, kadar gula dalam darah tetap stabil.

5. Menurunkan kolesterol

Kurma ajwa dalam menurunkan kolesterol darah tak lepas dari peran senyawa phytosterol di dalamnya. Senyawa ini mampu mengurangi LDL (kolesterol jahat) sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol.

Bila kolesterol darah terkontrol, risiko terjadinya serangan jantung dan stroke akan makin kecil.  

(Diambil dari berbagai sumber)