Breaking News
---

Keistimewaan Sepuluh Hari Pertama Ramadan dan Anjuran Amalannya

Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu umat Muslim di dunia. Pada bulan ini menjadi momentum bagi umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Foto ilustrasi : Keistimewaan Sepuluh Hari Pertama Ramadan dan Anjuran Amalannya

Bulan Puasa terbagi dalam tiga fase penting yang masing-masing memiliki keutamaannya sendiri. Sepuluh hari pertama turunnya rahmat, sepuluh hari kedua momen pengampunan, dan sepuluh hari ketiga terbebas dari api neraka. 

"Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan. Sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka," berdasarkan HR. Al Baihaqi, dikutip Selasa (12/3/2024). 

Ada begitu banyak amalan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim. Berikut sejumlah keutamaan pada sepuluh hari pertama Ramadan:

1. Terbukanya pintu rahmat

Umat Islam berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan beribadah sebanyak-banyaknya. Di sepuluh hari pertama, pintu rahmat terbuka lebar dan setiap kebaikan yang dilakukan akan dilipat gandakan Allah SWT.    


2. Waktu paling tepat untuk berdoa

Waktu-waktu utama yang bisa digunakan untuk berdoa yaitu saat adzan berkumandang, waktu berpuasa, saat sahur dan malam Lailatul Qadr. Sepuluh hari pertama merupakan waktu terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. 


3. Dibukanya pintu ampunan Allah SWT

Di sepuluh hari pertama, Allah SWT membuka pintu ampunan. Karenanya umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan sholeh. 


4. Penuh berkah dan keberuntungan

Orang yang menjalankan puasa di sepuluh hari pertama akan mendapatkan berkah dan keberuntungan. Selain itu juga akan selalu dalam Lindungan Allah SWT dan berada dalam Petunjuk-Nya. 


5. Pahala berlipat ganda saat membaca Al-Qur'an

Allah SWT menurnkan Al-Qur'an di bulan Ramadan sebagai ilmu dan petunjuk bagi manusia. Karenanya barang siapa yang membaca Al-Qur'an pada sepuluh hari pertama akan mendapat pahala berlipat ganda.

Hal ini dapat dilakukan dengan sejumlah amalan pada sepuluh hari Ramadan. Berikut amalan yang dapat dilakukan umat muslim pada Ramadan:


1. Tadarus Al-Qur'an

Dalam Al-Qur'an Surat Al Baqarah ayat 185 dijelaskan, amalan kebaikan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Qur'an. Dengan cara membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah yang turun pada malam Bulan Ramadan. 


2. Memperbanyak Zikir

Zikir merjadi ibadah yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sehingga, selain berpuasa dan membaca Al-Qur'an, memperbanyak zikir juga sangat dianjurkan di bulan Ramadan. 


3. Memberi makan orang berbuka puasa

Zaid bin Khalid mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa memberi makanan dan minuman dari hasil yang halal kepada orang yang berpuasa. Maka para malaikat akan mendoakannya di saat-saat tertentu di bulan Ramadan, dan malaikat Jibril akan medoakannya di malam Lailatul Qadr." (HR. Ahmad)


4. Memperbanyak salat sunnah

Umat Muslim dianjurkan memperbanyak salat sunah di sepuluh hari pertama Ramadan. Di antara salat sunah yang dapat dikerjakan yaitu, tarawih, witir, dhuha, salat sunah rawatib, hingga salat tahajud.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan