Breaking News
---

Ketum PGRI: Sekolah Harus Ciptakan Rumah Aman bagi Siswa

Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi mengatakan, sekolah penting untuk menciptakan lingkungannya agar menjadi rumah yang aman bagi peserta didik untuk belajar.Menurutnya, kenyamanan utamanya dari segi psikologis baik bagi pendidik maupun peserta didik.

“PGRI sudah lama bicara soal zero kekerasan di sekolah dan sekolah harus menjadi tempat nyaman bagi siswa. Nyaman ini berarti secara psikologis mereka diterima,” kata Unifah, Minggu (3/3/2024).

Menurutnya, peraturan yang ada sebenarnya sudah cukup. Meski demikian, yang terpenting adalah pemahaman dan kesepakatan antara siswa, guru, dan orang tua.

"Selain itu, perlu juga untuk memahami apa itu kekerasan serta hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Utamanya di sekolah, di jalan pulang, serta dalam keluarga,” katanya, mengungkapkan.

Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi dalam Kongres XXIII PGRI di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Biro Pers Setpres)

Dalam hal ini, lanjut Unifah, pendidikan yang diberikan orang tua juga penting. Oleh karena itu, peserta didik  harus terus menerus diajak berkomunikasi serta diingatkan untuk saling menghargai dan menyayangi satu sama lain.

"Bullying, harus terus menerus dikikis melalui komunikasi terus menerus, seperti dievaluasi, diajak bicara serta diubah mindest-nya. Saya kira dengan terus mengingatkan maka kita bisa mencegah hal tersebut," ujar Unifah. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan