Tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menyampaikan penetapan hasil Pemilu 2024. Komisioner KPU RI, August Mellaz mengatakan, penyampaian penetapan hasil pemilu dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dapat disaksikan masyarakat.

Hasil Pemilu 2024 akan Diumumkan KPU

"Nanti ada rapat pleno terbuka yang dilakukan oleh KPU RI, kami bertujuh akan menyampaikan itu (hasil Pemilu 2024) kepada publik. Nanti, akan dilaksanakan seperti itu," kata Mellaz dalam keterangan persnya, dikutip Senin (18/3/2024).

Diketahui, tujuh anggota KPU Pusat yang dimaksud adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap. Kemudian, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, termasuk Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

KPU, lanjut Mellaz, saat ini sedang fokus menyelesaikan rekapitulasi nasional Pemilu 2024. Di mana, masih tersisa lima provinsi yang belum ketuk palu.

"Yang jelas target kami kan mengesahkan setiap provinsi, soal nanti penetapan nasionalnya itu soal lain. Nanti kami akan bahas lagi di pleno," ucap Mellaz.

Dia mengatakan,pihak KPU dari lima provinsi juga sudah tiba sejak pagi hingga sore di Jakarta. Mereka siap menjalani rapat pleno rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024.

"Sisa lima lainnya itu kita sudah mendapatkan konfirmasi, mulai besok akan datang ke Jakarta semua. Jadi Jawa Barat, kemudian Papua, Maluku, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya," ujar Mellaz.

Pada proses rekapitulasi tersebut, Mellaz mengatakan, Provinsi Jawa Barat yang pertama menjalankan rapat pleno. Kemudian, dilanjutkan dengan rekapitulasi provinsi Maluku hingga Papua Barat Daya.

"Rencananya Jawa Barat, Senin (18/3/2024) pagi hari, kemudian Maluku. Kemudian Papua tiba di Jakarta Senin pukul 19.00 WIB. Papua Pegunungan juga begitu, Senin, 19.00 WIB, Papua Barat Daya tiba di Jakarta pukul 12.00 WIB siang," kata Mellaz, menjelaskan.(*)