Lima kabupaten/kota terpilih sebagai penerima penghargaan Adipura Kencana 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Yaitu, Kota Balikpapan (Kalimantan Timur), Surabaya (Jawa Timur), Bontang (Kalimantan Timur), Bitung (Sulawesi Utara), dan Kabupaten Ciamis (Jawa Barat).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar memberikan sambutan saat penyerahan penghargaan Adipura 2023 di Jakarta, Selasa (5/3/2024) (Foto: Antara/Hafidz )

"Pada Adipura Tahun 2023 telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia. Atau, kira-kira 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia," kata Menteri LHK Siti Nurbaya dilansir dari laman Antara, Selasa (5/3/2024).

Lima kota/kabupaten tersebut, kata dia, dipilih karena memperlihatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik. "Berupa pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau," ujar Siti.

Selain itu, lima kabupaten/kota itu dinilai melakukannya dengan sejumlah cara inovatif dan berkelanjutan. Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan.

KLHK juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota. Sebab, 106 kabupten/kota mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik, pada 2023.

Kemudian, KLHK juga memberikan Sertifikat Adipura kepada 51 kabupaten/kota. "Karena dinilai memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah dari sumbernya," ujar Siti.

"Hasil Adipura 2023 mengalami kemajuan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya," kata Siti. Menurut dia, terjadi peningkatan jumlah daerah penerima Anugerah Adipura sebesar 32,5 persen.

"Dari 80 kabupaten/kota tahun lalu, menjadi 106 kabupaten/kota tahun ini. Selain itu, berdasarkan hasil penilaian dilakukan pada Adipura 2023, sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah, dibanding tahun sebelumnya," kata Siti.(*)