Ratusan umat Hindu dari Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi hingga Tangerang melakukan Melasti upacara penyucian diri dan alam semesta di Pura Segara Kalibaru Cilincing Jakarta Utara. 

Melasti, Ritual Penyucian Diri Menyambut Hari Raya Nyepi

Kurang dari sepekan, tepatnya pada 11 Maret 2024, umat Hindu di Indonesia akan menjalani Nyepi. Selama sehari penuh mereka takkan melakukan aktivitas apapun demi mensucikan alam semesta dan sekaligus memohon pemberkatan dari para dewa. 

Pemangku Pura Segare Cilincing Jero Mangku Dewa, dalam upacara Melasti menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebelum hari besar yang sekaligus merupakan peringatan Tahun Baru Saka, "Ritual ini digelar untuk menyucikan diri menyambut Nyepi." ujar Jero Mangku Dewa. Minggu, (3/3/2024) 

Selain persembayangan, tradisi ini biasanya dilangsungkan di dekat sumber air, seperti danau atau laut, dan semua pesertanya mengenakan pakaian putihputih simbol dari kebersihan diri. "Kami melakukan Melasti di Pure Segara, hal ini dikarenakan pure ini dekat dengan laut, " ujar Jero Mangku Dewa. 

Pura Segara sendiri sudah beberapa kali menjadi tempat digelarnya ritual melasti. Hal ini membuat pemerintah Jakarta Utara mulai mempertimbangkan untuk menjadikannya sebagai kawasan wisata religi. Ke depannya, kawasan ini bakal lebih dibenahi dan ditambah fasilitas umum untuk menarik minat para pengunjung.(*)