Breaking News
---

Menjelang Ramadhan Dinsos Cimahi Melaksanakan Razia Gepeng Anjal

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cimahi mengantisipasi melonjaknya kedatangan anak jalanan (Anjal), gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang di prediksi meningkat di bulan suci ramadhan di Kota Cimahi.(5/3/24).

Foto ilustrasi : pengemis

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cimahi, Supijan Malik mengatakan, ada dua lokasi asal mereka datang yaitu kampung Leuweung di kelurahan Cibeureum, dimana banyak asal gelandangan dan pengemis.

Tidak hanya gepeng asal dari Kota Cimahi namun juga mereka datang dari kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat serta daerah Cianjur, mereka biasanya menggunakan mobil dan ada yang mengkoordinir.

"Kami bekerja sama dengan Satpol-PP, Garnisun TNI, Kepolisian serta Kodim bersama-sama melaksanakan penjangkauan (razia) Gepeng dan Anjal," Ungkapnya,Senin (4/3/2024).

Lanjut Supijan, hasil dari razia Gepeng dan Anjal di berikan pemahaman mengenai kehidupan yang lebih baik, dan mereka akan di salurkan ke panti rehabilisasi sosial.

"Namun mereka rata-rata menolak karena mungkin mereka sudah merasa kehidupannya lebih baik seperti saat ini," Kata Supijan.

Disinggung alasannya, Supijan menyebutkan penghasilan mereka di jalanan lebih besar apalagi momen bulan puasa atau saat hari jumat mereka berburu yang bersedekah.

"Tentu saja ini menjadi pilihan yang sulit, kami ingin menyelesaikan masalah Gepeng dan Anjal namun disisi lain, masyarakat masih banyak yang bersedekah yang sebenarnya memberikan mereka ke kehidupan yang kurang bermartabat dan kurang baik," Tegasnya.

Titik lokasi razia di daerah Cimindi, rel kereta Baros, real kereta api Dustira dan daerah lainnya.

Tambah Supijan, program razia Dinsos setahun dua kali, ini dilakukan menjelang bulan suci ramadhan dan malam Tahun baru (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan