Pihak Kepolisian secara serentak akan menggelar operasi keselamatan mulai tanggal 4 hingga 17 Maret 2024.

Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Mangku Anom Sutresno

Di wilayah hukum Polresta Bandung, apel pasukan operasi bernama operasi keselamatan Lodaya 2024, digelar di halaman Mapolresta Bandung di Soreang, Sabtu (2/3/2024).

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kasatlantas Kompol Mangku Anom Sutresno menjelaskan, operasi ini digelar salah satunya untuk membiasakan masyarakat tertib berlalu lintas menjelang ritual mudik dan balik Lebaran nanti.

" Operasi keselamatan tujuan utamanya cipta kondisi dalam rangka menjelang Idul Fitri nanti dengan kondisi mobolisasi yang meningkat. Harapannya masyarakat jauh lebih tertib dan peduli tentang keselamatan di jalan," tandas Kompol Mangku Anom, saat dihubungi RRI melalui telepon selulernya, Sabtu (2/3/2024).

Razia di jalan tidak menjadi fokus utama pihak Kepolisian. Namun jika pelanggarannya kasat maka, maka Polisi imbuh Mangku Anom berhak melakukan tindakan Tilang secara manual.

Mangku Anom memastikan langkah preventif dan edukatif petugas akan lebih dititikberatkan pada operasi keselamatan kali ini.

" Kegiatan-kegiatan preventif, edukatif tentang keselamatan lalu lintas ini yang kami kedepankan," tegasnya.

Meski begitu semua jenis pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara akan ditindak, baik melalui ETLE mobile maupun ETLE statis.

" Untuk beberapa jenis pelanggaran yang berpotensi membahayakan lalu lintas, kami tetap  diperintahkan untuk melaksanakan Tilang secara manual dalam kondisi tertentu, tapi tentunya tidak dalam bentuk razia," paparnya.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom pun meminta masyarakat, ada atau tidak ada operasi, tertib dan taat berlalu lintas harus menjadi kebutuhan demi keselamatan berkendara di jalan raya.(*)