Menghadapi Libur Lebaran yang kian mendekat, Pemda Purwakarta mulai menyiapkan berbagai rencana menyambut para wisatawan yang ingin berlibur.

Foto : Taman Air Mancur Purwakarta

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Mohamad Ramdhan mengimbau tempat wisata yang ada di wilayahnya untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjung.

"Jelang libur lebaran Idul Fitri 1445 H, kami minta pengelola tempat wisata untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjungnya," katanya. Selasa (26/3/2024). 

Selama liburan lebaran, kata dia, akan banyak para wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta seperti tahun sebelumnya.

Pengelola tempat wisata harus meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terhadap sarana dan prasarana vital di objek wisata. Terutama yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan berisiko tinggi bagi wisatawan, seperti memeriksa venue-venue di mana permainan itu sering dipakai. Seperti tempat-tempat selfie, pastikan kokoh. Lalu sarana flying fox diperiksa secara rutin agar dipastikan aman.

"Misalkan, arena outbond, arena permainan anak, pendakian gunung, wisata air, dan lain sebagainya. Objek wisata perlu menerapkan standar prosedur dalam pengelolaan daya tarik wisata," jelasnya.

"Tempat sampah harus ada biar pengunjung tidak buang sampah sembarangan. Terus diedukasi pengunjungnya juga,Siapkan juga ruang laktasi untuk memfasilitasi para ibu menyusui bayi dengan nyaman," katanya.

Dia menargetkan minimal 150 ribu pengunjung wisata di Purwakarta. Jumlah itu melengkapi target jumlah pengunjung wisata untuk tahun 2024 yang diproyeksikan bisa menggaet 2 juta wisatawan.Target itu lebih besar dibandingkan jumlah wisatawan yang datang ke Purwakarta tahun 2023 yang mencapai 1.701.284 wisatawan.

"Dengan persiapan yang matang, kita optimis target itu bisa terpenuhi. Kita terus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk dengan TNI-Polri, untuk mencapai target itu," pungkasnya. (*)