Breaking News
---

Peserta Dapat Pilih 4 Prodi dan Disarankan Ikut SNBT setelah 26 Maret 2024

 Pendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 diberikan keleluasaan dalam memilih program studi. Bahkan pendaftar dapat memilih hingga empat prodi.

Peserta Dapat Pilih 4 Prodi dan Disarankan Ikut SNBT setelah 26 Maret 2024

Namun, untuk dapat memilih empat prodi, ada aturan yang harus diikuti. "Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal empat program studi," kata  Wakil Ketua Pelaksana SNPMB, Rahmawati, dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di YouTube SNPMB BPPP, dikutip Jumat (21/3/2024).

Adapun aturan yang harus diikuti yakni, pendaftar mesti memilih dua prodi program akademik atau sarjana. Kemudian, dua prodi program vokasi baik D3 ataupun D4.

"Yang memilih empat prodi ini juga bisa tiga program akademik. Atau satu vokasi," katanya, menjelaskan.

Peserta juga dapat memilih hanya satu prodi. Apabila peserta memilih satu prodi, maka dibebaskan untuk memilih program apa pun.

"Tak ada pembatasan apa pun bagi peserta jika ingin memilih prodi. Baik di program vokasi maupun akademik," ujarnya.

Hal itu juga berlaku untuk peserta yang memilih dua program studi. Peserta diberikan kebebasan memilih program apa pun baik akademik maupun vokasi.

Sementara itu, peserta yang memilih tiga prodi, dua di antaranya harus  program akademik dan satu program vokasi. Pendaftar juga dapat memilih satu program akademik dan dua program vokasi.

Kabar sebelumnya pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) telah dibuka Kamis (21/3/2024). Pendaftaran akan ditutup pada 5 April 2024.

Koordinator Humas dan Promosi SNPMB, Ismaini Zain mengatakan, memang tidak semua siswa dapat mendaftar SNBT kemarin. Karena, siswa yang kini juga mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) harus menunggu pengumuman terlebih dahulu.

"Hasil SNBP akan diumumkan pada 26 Maret 2024. Apabila dinyatakan tidak lolos, barulah siswa dapat mendaftar SNBT," kata Ismaini dalam  Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di YouTube SNPMB BPPP, dikutip Jumat (22/3/2024).

Oleh karena itu, dia meminta siswa untuk tidak khawatir tidak dapat mengikuti SNBT. Lantaran, tidak ada pembatasan kuota pendaftar SNBT.

"Ketika diumumkan 26 Maret dan tidak lolos SNBP, pasti dapat kursi untuk mendaftar UTBK," katanya. Menurutnya, aturan ini untuk melindungi siswa yang juga mengikuti SNBP 2024, sehingga tidak perlu keluar uang untuk pendaftaran SNBT.

"Jadi, biar jangan bayar dulu, karena barang kali lolos SNBP. Karena masa pendaftaran masih tersisa hingga tanggal 5 April 2024," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Tim Penanggung Jawab SNPMB, Rina Indiastuti mengatakan, pendaftar yang tidak lolos SNBP dapat mengikuti SNBT. Karena, pengumuman akan dilakukan pada 26 Maret 2024.

"Dan yang diumumkan 26 Maret dan tidak lolos SNBP itu pasti mendapat kursi untuk mendaftar SNBT," kata Rina. Sementara itu, peserta yang lolos SNBP tidak dapat mendaftar SNBT, karena akan tertolak oleh sistem.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan