Tari Merak merupakan salah satu tarian khas yang ada di Jawa barat.Keindahan kostum dan gerakan Tari Merak menjadi satu  daya tarik tersendiri bagi warga negara asing 

Foto ilustrasi : Tari Merak

Tari Merak membuat warga asing terinspirasi untuk mempelajarinya, seperti halnya para mahasiswa dari Southern Methodist Univercity, Dallas, Texas  Amerika Serikat .

Nurrika sebagai pemilik sanggar tari Kawisastra sekaligus pelatih tari, menyampaikan pengalamannya disaat  melatih para mahasiswa asing dalam mempelajari Tarian merak. Kurang lebih selama sebulan para gadis bule itu belajar tari kepadanya.

“Waktu itu saya ditugaskan untuk melatih tari para mahasiswa dari Amerika  dalam acara rutin tahunan  kunjungan ke bali dari Southern Methodist Univercity, Dallas, Texas  Amerika Serikat sekitar bulan Mei – Juni 2023”Ujar Nurrika. ( Sabtu 2/3/2024 )

“Mereka sangat antusias .dan sangat senang mempelajari seni budaya kita , khususnya  tari merak ini” jelasnya.

Penari penari bule ini dengan gemulainya membawakan tarian merak, dengan kultur yang berbeda, tapi mereka berusaha untuk bisa membawakan tarian ini dengan baik dan luwes, senyuman  yang tidak terlepas dari wajahnya,meskipun terlihat ada sedikit kekhawatiran karena aksesoris baju dan kepala yang yang digunakannya.

“Mereka mengatakan belum terbiasa dengan kostum merak yang dipergunakannya,sehingga aga ribet, takut asesorisnya ada yang lepas”Ungkap Nurrika.

Nurrika merasa bangga pernah  melatih tari kepada warga negara asing,  karena ada tantangan khusus yang dirasakan olehnya.Berbeda halnya dengan melatih tari kepada anak anak didik di sanggar tarinya, yang kebanyakan muridnya memang orang Jawa Barat asli.

Nurrika pun berharap, bukan hanya gadis bule yang mau belajar seni budaya ataupun tari tradisional Indonesia ,khususnya tarian di  Jawa Barat.

“ Mari kita lestarikan seni budaya kita , kalo bukan kita siapa lagi?” ajaknya.(*)