Presiden Singapura, Tharman Shanmugartnam dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong memberi selamat kepada Prabowo Subianto. Ucapan selamat disampaikan keduanya kepada Prabowo atas kemenangannya dalam pemilihan Presiden Indonesia 2024. 

Presiden Singapura, Tharman Shanmugartnam

"Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang setulus-tulusnya. Atas terpilihnya anda sebagai presiden kedelapan Indonesia," kata Tharman dalam suratnya kepada Prabowo, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (22/3/2024). 

Kedua pemimpin dari Negeri Singa itu mengatakan, kemenangan Prabowo merupakan mandat dari rakyat. Menurut mereka, rakyat Indonesia mempercayai kemampuan Prabowo memimpin negara kepulauan Indonesia. 

"Mandat kuat yang Anda terima menunjukkan keyakinan dan kepercayaan bangsa Indonesia terhadap kemampuan Anda. Memimpin Indonesia menuju kemajuan yang lebih besar," ujar Tharman. 

Menurutnya, Singapura dan Indonesia memiliki "hubungan kuat yang didukung oleh ikatan kekerabatan dan persahabatan erat". Oleh karena itu, dia meyakini, Indonesia-Singapura bersama Prabowo akan terus menjadi mitra dekat demi kemajuan rakyat kedua negara.

"Saya yakin di bawah kepemimpinan Anda, Indonesia dan Singapura akan terus menjadi teman dekat dan mitra. Seiring kita bekerja sama memperkuat hubungan bilateral untuk kemaslahatan rakyat kita," kata Tharman. 

Sementara PM Lee, dalam suratnya juga mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo. Hal itu karena Prabowo telah memenangkan "mandat yang kuat dan jelas dari seluruh rakyat Indonesia".

PM Lee mengatakan, Singapura dan Indonesia menikmati hubungan baik dan bersahabat yang telah dikontribusikan secara signifikan. Untuk ditingkatkan oleh Prabowo selama kariernya.

"Secara pribadi, saya dan rekan-rekan saya sangat menghargai niat baik dan persahabatan Anda, yang dibangun saat kita bekerja. Dan bekerja sama satu sama lain dalam banyak hal selama beberapa dekade terakhir," kata PM Lee.

Menurutnya, percakapan dirinya dan Prabowo selama ini menjadi perhatian. Dia bahkan menghargai wawasan Prabowo mengenai regional dan global. 

"Saya menghargai percakapan kita selama bertahun-tahun dan selalu menghargai wawasan Anda. Utamanya, mengenai perkembangan regional dan global," ujarnya.

PM Lee meyakini, bersama Prabowo sebagai Presiden RI, maka kedua negara dapat membangun fondasi hubungan kuat. Utamanya, untuk hubungan bilateral dan kemajuan rakyat kedua negara di masa mendatang. 

"Dengan dukungan Anda sebagai Presiden Indonesia berikutnya, saya yakin bahwa kita dapat membangun fondasi yang kuat. Utamanya untuk memajukan hubungan bilateral demi kepentingan generasi mendatang," ucap PM Lee.(*)