Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia, berlaku untuk Rabu (13/3/2024).

Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia untuk 13 Maret

Prakirawan BMKG Efa Septiani mengatakan, di pulau Sumatra cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh dan Medan. Kemudian, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Padang dan Pangkal Pinang.

Sedangkan cuaca berkabut diprakirakan terjadi di kota Palembang. Selain itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, dan Tanjung Pinang. 

"Waspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Bandar Lampung," kata Efa.

Di pulau Jawa, patut diwaspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Surabaya. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Jakarta dan Bandung.

Selain itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Serang dan Semarang. "Potensi cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Yogyakarta," ujarnya.

Selanjutnya, di pulau Bali dan Nusa Tenggara, Efa menyampaikan, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Denpasar. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Mataram.

"Waspada hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Kupang," ucapnya.

Beralih ke pulau Kalimantan, umumnya hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, dan Tanjung Selor.

"Potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Palangkaraya," katanya.

Sedangkan di pulau Sulawesi, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Mamuju, Palu, dan Manado. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Makassar, Kendari, dan Gorontalo.

Sementara, di Indonesia Timur, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Ternate, Ambon, dan Manokwari. Selain itu, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Jayapura.(*)